Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali telah melaporkan soal banjir besar di Jeddah, Arab Saudi, kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui telefon.

Wartawan ANTARA Nanang Sunarto dari Jeddah, Rabu, melaporkan, seorang petugas haji telah mendengar bahwa Menag sudah melaporkan kondisi jemaah haji Indonesia kepada Presiden terkait dengan banjir itu.

"Banjir itu merupakan kejadian yang langka di Jeddah," kata petugas itu.

Sementara itu, laman resmi Departeman Agama menyebutkan, dalam pembicaraan via telefon dengan Menag, Presiden berpesan agar jemaah haji Indonesia tetap bersabar dalam melaksanakan ibadah.

"Saya pernah mengalami situasi haji yang memang sangat massal. Tolong sampaikan salam saya kepada jemaah haji Indonesia. Saya mohon mereka berdoa untuk kebaikan jemaah sendiri, untuk keluarganya dan juga berdoa untuk kebaikan bangsa Indonesia secara keseluruhan," kata Presiden.

Kepada Kepala Negara, Menag melaporkan bahwa jemaah haji Indonesia saat ini tengah bergerak dari Mekah menuju ke Arafah.

Jumlah jemaah Indonesia yang akan melaksanakan wukuf adalah 209.824 orang yang terdiri atas jemaah regular 191.744 orang, jemaah dengan Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH) khusus (dulu ONH plus) 17.030, dan jemaah haji nonkuota sebanyak 1.050 orang.

"Alhamdulillah, semua jemaah haji dalam keadaan baik dan sehat. Namun sebanyak 106 orang wafat sebelum wukuf di Arafah, dan saat ini terdapat 151 orang tengah dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia serta di RS Arab Saudi. Jemaah yang sakit akan kita bantu dengan safari wukuf," kata Suryadharma Ali.

Menteri Agama juga melaporkan bahwa jemaah haji bertolak dari Mekah menggunakan bus dan mobil yang sedikitnya 25 orang.

Insya Allah, mulai 1 Desember 2009, jemaah yang telah menyelesaikan semua ritual haji akan mulai kembali ke tanah dengan keadaan selamat. Kepulangan jemaah diharapkan berakhir 31 Desember 2009," ujar Menteri Agama.

Dalam kesempatan itu, Menag juga melaporkan bahwa dirinya mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk menyampaikan sambutan di depan Raja Abdullah pada acara jamuan di Istana Raja yang ada di Mina bersama para utusan dari negara-negara Muslim yang mengutus jemaah berhaji .

"Tolong sampaikan salam hormat saya kepada Raja Abdullah atas pelayanannya yang terbaik bagi jemaah haji Indonesia. Juga sampaikan terima kasih atas bantuannya untuk bangsa Indonesia yang terkena musibah gempa bumi di Sumatra Barat," kata Yudhoyono menanggapi laporan Menteri Agama. (*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009