Jakarta, 30/11 (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) kembali menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan terutama di wilayah sekitar operasi perusahaan, kali ini Pertamina melaksanakan Program Penanaman 25.000 bibit mangrove di jalur pipa Avtur Pertamina yang berada di Mangrove Forrest Denpasar Bali.

     Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tahap kedua dari dua tahap yang direncanakan. Pada Tahap pertama telah ditanam 1.000 bibit bakau di kawasan Taman Hutan Mangrove Benoa, pada tahap kedua ini area tanam lebih luas serta lebih banyak jumlah bibit yang ditanam. Aksi ini merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam menjaga kelestarian alam.

     Penyelenggaraan Program Penanaman Bibit Bakau di Mangrove Forrest ini dilakukan  untuk menjaga dan melestarikan Hutan Bakau / Mangrove Forest yang sangat berguna untuk mencegah erosi dan menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar kawasan Hutan Mangrove tersebut, yang meliputi wilayah TAHURA Desa Serangan dan di sekitar jalur pipa dari Dermaga Benoa menuju Ngurah Rai.

     Penanaman Bibit Bakau ini direncanakan akan dihadiri oleh Pemda, Kepolisian, Airlines dan Ground Handling, Tenaga Bantu penanaman, Tenaga bantu Penyuluhan dari Balai Pengelolaan Mangrove Masyarakat, Anak sekolah dan Lingkungan sekitar, serta Pekerja DPPU Ngurah Rai.

     Dalam penyediaan bibit bakau, area yang akan ditanam dan jumlah pohon yang dibutuhkan serta teknis penanaman, Pertamina berkoordinasi dengan Balai Pengelolaan Hutan Mangrove Wilayah I Denpasar. Kegiatan yang dilakukan di areal seluas 5 Ha tersebut dilakukan dalam 2 tahap, yaitu Pertama pada saat Seremonial +/- 5.000 pohon, dilanjutkan oleh Tenaga Bantu Tanam yang disediakan oleh Balai Pengelolaan Hutan Mangrove sebanyak 30 orang untuk 20.000 bibit sampai selesai.

     Pertamina akan terus melaksanakan program-program pelestarian lingkungan yang sejalan dengan program pemerintah yang juga fokus pada pelestarian lingkungan melalui penanaman Hutan Mangrove yang sudah dilakukan sering dilakukan Pertamina di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jawa dan Kalimantan. Diharapkan, kegiatan ini akan berjalan berkesinambungan dan bisa diperluas ke wilayah lainnya.

     Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi Basuki Trikora Putra,VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Mobile Phone 08124306922 Email:Tiko_btp@pertamina.com


 

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009