Jakarta (ANTARA News) - Richard Kurniawan (35), warga Kebon Jeruk, Jakarta Barat, yang tewas setelah terjun dari lantai 11 Mangga Dua Square, Jakarta Utara, disemayamkan di RS Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Keluarga korban mengaku masih tertekan dengan peristiwa itu. Ketika ditemui di RSPAD Gatot Soebroto, istri Richard menangis histeris. Setelah agak tenang, wartawan mencoba mengajaknya bicara.

Namun, dia menolak membicarakan kasus yang menimpa suaminya. Anggota keluarga Richard yang lain juga menolak untuk membicarakan masalah ini.

"Saya enggak tahu apa-apa (kasus Richard). Nanti saja," kata anggota keluarga yang tidak bersedia menyebutkan namanya ketika ditemui di pelataran rumah duka RSPAD Gatot Subroto.

Sebelumnya diberitakan Richard ditemukan tewas dengan sejumlah kerusakan parah pada organ tubuhnya pada Jumat dini hari sekitar pukul 03.25 di salah satu lantai pusat belanja Mangga Dua Square, Jakarta Utara.

Kepala Kepolisian Sektor Pademangan, Komisaris Polisi Wawan Setiawan, berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan di sekitar tempat kejadian, termasuk rekaman CCTV, korban sengaja menjatuhkan diri dari lantai 11.

Richard diduga sengaja melompat dari area parkir dekat Gudang Jitec. Padahal di atas pukul 22.00 wib, area ini sudah tertutup untuk umum.

"Sebelum Richard tewas, dia sempat masuk ke `Karaoke Sands.` Mangga Dua Square, Jakarta Utara, bersama kerabat,"kata Kapolsek Pademanan di Jakarta, Jumat (4/12).

Lanjut Wawan Setiawan, dugaan itu muncul dari bekas pijakan kaki yang melekat di dinding pagar pembatas area parkir pusat perbelanjaan dan hiburan itu. Pagar pembatas memiliki tinggi 1,5 meter dan tebal 0,5 meter.

Kepolisian Resor Jakarta Utara yang menangani kasus ini masih terus melakukan investigasi untuk menguak latar belakang kasus Richard.

Jika latar belakang kematian Richard terbukti karena bunuh diri, maka menambah deretan angka kasus bunuh diri di pusat belanja Jakarta selama sepekan terakhir.

Peristiwa itu adalah yang ketiga terjadi di Jakarta dalam pekan ini. Masih lekat dalam ingatan pada Senin, 30 November, awal pekan ini, sekitar pukul 16.15 wib, Ice Juniar (24) asal Palembang terjun dari lantai 5 Grand Indonesia.

Selang beberapa jam kemudian, sekitar pukul 20.30 wib, Reno (24) warga Patal Senayan juga terjun dari pusat perbelanjaan Senayan City.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009