Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan ritel asal Perancis, Carrefour Indonesia, membuka tiga lagi supermarket di bulan Desember ini di Jakarta dan Malang, Jawa Timur.

"Total ada tiga Carrefour Market yang akan dibuka di bulan Desember ini. Satu di Jakarta dan dua di Malang," kata Agoes P Adhie, Presiden Direktur PT Alfa Retailindo Tbk, perusahaan pengelola Carrefour Market, di Jakarta, Rabu.

Agoes menjelaskan bahwa dua supermarket tersebut merupakan metamorfosis dari Carrefour Express, sedangkan dua supermarket di Malang merupakan fasilitas baru.

Ia mengatakan, bahwa beberapa Carrefour Express dengan luas area 1.200 hingga 1.500 meter persegi (m2) akan berubah menjadi Carrefour Market tersebut.

Supermarket yang baru dibuka di Plaza Tendean, Jakarta, tersebut di desain menonjolkan produk-produk kebutuhan sehari-hari terutama produk segar seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging, dan bahan makanan dan minuman sehari-hari.

"Produk segar yang disediakan 80 persen, dan 70 persen dari 4.000 pemasok merupakan Usaha Kecil Menengah," ujar dia.

Khusus untuk supermarket di Jakarta ini menyediakan 12.400 produk, dimana 10.400 produk merupakan produk segar.

Dalam hal ini petani diberikan seluas-luasnya untuk bisa memasok langsung produk-produk segar ke supermarket ini.

Terkait dengan kekhawatiran supermarket tersebut menjadi pesaing dari pasar-pasar tradisional yang juga menjual produk-produk segar, ia menjamin hal tersebut tidak terjadi.

"Segmen konsumen antara supermarket ini dengan pasar tradisional berbeda. Di beberapa daerah pasar tradisional yang berdekatan dengan supermarket tetap buka, jadi tidak akan masalah untuk `Carrefour Market`," katanya.

Saat ditanya berapa investasi yang dikucurkan Carrefour untuk supermarket yang dikelola oleh PT Alfa Retailindo Tbk tersebut, Agoes tidak mau neyebutkannya.

Putusan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) bahwa akuisisi perusahaan ritel asal Perancis terhadap PT Alfa Retailindo Tbk ini membuat terjadinya monopoli, menurut Agoes, tidak ingin dijadikan alasan untuk tidak melayani konsumen.

"Penyelesaian kasus tersebut kan ada di pihak Carrefour Indonesia dengan KPPU, tidak ada pengaruhnya bagi kita, kita tetap harus semangat melayani konsumen," ujar dia.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009