Beirut (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Tentara Lebanon, Selasa, menembak empat jet tempur Israel, Phantom, yang terbang rendah di wilayah udara Lebanon Selatan, kantor berita nasional Lebanon, NNA, melaporkan.

Laporan itu mengatakan Angkatan Darat Lebanon melepaskan tembakan anti-pesawat terbang terhadap jet-jet tempur tersebut yang sedang terbang di wilayah udara Hasbaya, Lebanon Selatan, Selasa pagi, memaksa jet-jet itu meninggalkan wilayah udara Lebanon.

Pesawat tempur Israel itu memasuki wilayah udara Lebanon lewat Arkoub, Hasbaya, dan Bekaa Barat di tengah meningkatnya aktivitas militer Israel di kawasan pertanian Shebaa, kata laporan itu.

Lebanon menuduh Israel melanggar wilayah udaranya, dan mengatakan perbuatan itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 1701, yang mengakhiri perang pada 2006 antara faksi bersenjata Hizbullah dan Israel.

Pelanggaran wilayah udara Lebanon itu juga bertentangan dengan mandat penjaga perdamaian untuk mengawasi gencatan senjata di sepanjang perbatasan Lebonon-Israel.

Bulan lalu Lebanon juga melepaskan tembakan terhadap pesawat tanpa awak Israel yang terbang memasuki wilayah udara Lebanon, dan memaksanya keluar dari wilayah negara itu.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009