UI dan Tzu Chi kerja sama tingkatkan kualitas SDM

UI dan Tzu Chi kerja sama tingkatkan kualitas SDM

Perwakilan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Tzu Chi University Taiwan, dan Tzu Chi Science & Technology Taiwan ketika melakukan rapat online kerja sama dengan Universitas Indonesia. (ANTARA/ Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Tzu Chi University Taiwan, dan Tzu Chi Science & Technology Taiwan dalam penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi, peningkatan kualitas kesehatan, pengembangan sumber daya manusia, ekonomi masyarakat, dan pelestarian lingkungan hidup.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Jumat mengatakan UI mendukung sepenuhnya kemitraan strategis ini yang diharapkan dapat mengakselerasi upaya hilirisasi atau komersialisasi paten-paten dari inovasi yang dihasilkan oleh talenta-talenta inventor UI.

Baca juga: Bamsoet gandeng Iluni UI tinjau berbagai produk UU

Ia mengatakan kolaborasi triple helix yang istilah lazimnya ABG yaitu academic, bussiness, government, akan dikembangkan lagi menjadi Pentahelix, dimana unsur media, serta komunitas dalam hal ini Yayasan Buddha Tzu Chi, dapat menciptakan ko-kreasi yang berkontribusi bagi masyarakat.

Diharapkan kerja sama ini mampu mengembangkan akademik dan riset serta inovasi yang akan memberikan nilai tambah bagi kedua belah pihak, serta dapat memberikan manfaat dan dampak yang langsung dirasakan oleh bangsa dan Negara Indonesia.

Pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV, Mr. Hong Tjhin berharap kerja sama yang terjalin ini dapat menjadi sebuah model kemitraan strategis dalam pengembangan sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan sebagai sarana mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia, serta membawa implikasi positif bagi masyarakat secara langsung dalam kehidupannya.

Baca juga: Perilaku hidup bersih warga belum berubah meski pandemi, sebut pakar

Sejumlah program turunan di antaranya pertukaran budaya dan akademik, tenaga pengajar, periset hingga mahasiswa, di antara UI, Tzu Chi University Taiwan, dan Tzu Chi Science & Technology Taiwan.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) yang dilakukan oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D dan Tzu Chi Indonesia Vice Chairman Sugianto Kusuma.

Turut hadir dalam penandatanganan tersebut, CEO of DAAI TV Indonesia Mr. Hong Tjhin; President of Tzu Chi University, Prof. Ingrid Liu, Ph.D; President of Tzu Chi University of Science and Technology, Mr. Wen-Jui Lo.; Wakil Rektor UI Bidang Keuangan dan Logistik Vita Silvira, S.E., MBA.; dan Kepala Badan Kerjasama, Ventura, dan Digital UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA. Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat online.

Baca juga: Guru Besar UI pertanyakan pernyataan reformasi fundamental kesehatan
Baca juga: Pertama kali, RSUI berhasil lakukan operasi implantasi koklea
Baca juga: Peneliti: Virus infodemik bisa turunkan kepercayaan otoritas kesehatan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Libur panjang, epidemiolog UI sarankan hindari zona merah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar