Kuningan (ANTARA News) - Tiga dari lima pendaki gunung yang ditemukan di puncak gunung Ceremai, Senin, dalam keadaan kritis dan tidak bisa berjalan saat dievakuasi.

Kepala Tim SAR (search and rescue) Cirebon Suyitno, Senin, mengatakan informasi dari Radio Tim SAR menyebutkan ketiga pendaki gunung tersebut kritis dan terpaksa ditandu menuruni gunung.

Tim SAR yang mengevakuasi lima pendaki itu masih di ketinggian 1800 dpl yaitu di tanjakan Sereni pada pukul 18.00 WIB, Senin.

Suyitno mengemukakan, evakuasi tersebut masih membutuhkan sekitar enam jam perjalanan (sejak pukul 18.00 WIB) dalam keadaan a cuaca baik. "Tetapi kalau cuaca buruk terpaksa dihentikan," katanya.

Kondisi di sekitar gunung Ceremai (3.078 m) saat berita diturunkan adalah hujan deras dan berkabut.

Sementara itu Kepala Puskesmas Winong, Kabupaten Cirebon Adi Jatiwaluyo MKes, mengatakan pihaknya sudah siap menerima pendaki gunung itu dengan ambulans.

"Kami siap dengan pertolongan pertama, apabila pendaki sudah sampai di Posko Linggarjati, dan jika perlu dirujuk, mungkin akan dibawa ke Rumah Sakit Ajawinangun," katanya.

Kelima pendaki Gunung Ceremai yang tersesat itu yakni Maskon (24 tahun), Wahyu (15 tahun), Muhammad Nur (23 tahun), Budiman (25 tahun) dan Mila (19 tahun), kelimanya warga Blok Gempol Tengah, Desa Gempol, Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010