New York (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyatakan penghargaan kepada bintang Real Madrid asal Brasil, Kaka, mantan bintang Prancis, Zinedine Zidane, dan para pemaian sepak bola legendaris dunia lainnya yang pada Senin di Lisabon, Portugal, melakukan pertandingan amal untuk membantu korban gempa Haiti.

Dalam "Pertandingan Melawan Kemiskinan" yang digelar oleh Program Pembangunan PBB (UNDP) itu, Kaka dan Zidane cs menghadapi tim klub Portugal, Benfica All Stars, di Stadion Estadio da Luz, Lisabon.

"Saya senang bahwa hasil pertandingan amal ini akan disalurkan untuk membantu jutaan orang yang membutuhkan solidaritas dan bantuan kita," kata Ban seperti dikutip oleh penasehat khususnya untuk bidang Olah Raga bagi Pembangunan dan Perdamaian, Wilfried Lemke, di New York, Senin.

Saat ini, setidaknya tiga juta warga Haiti menderita yang dua juta di antaranya kekurangan makan akibat gempa hebat berkekuatan 7 Skala Richter yang memporakporandakan negeri itu.

Pada pertandingan melawan tim Benfica All Stars, Kaka berada satu tim dengan bekas gelandang lincah dari Juventus, Pavel Nedved, mantan bintang Belanda Edgar Davids dan Patrick Kluivert, serta pemain Spanyol, Fernando Hierro.

Kaka sendiri sebenarnya menggantikan bintang Brazil Ronaldo, yang tidak bisa tampil dalam pertandingan di Lisabon itu karena ia harus turun lapangan untuk membela timnya, Corinthians, pada musim kompetisi Brazil.

Ronaldo dan Zinedine Zidane adalah para duta UNDP yang telah membantu badan PBB itu menggalang dana untuk membantu penanganan kemiskinan dunia melalui pertandingan amal.

Untuk "Pertandingan Melawan Kemiskinan" di Lisabon, setidaknya ada 40 pemain dunia yang berpartisipasi.

Khusus untuk laga amal bagi Haiti ini, dua pemain Haiti yang bermain di Liga Portugal, yaitu Jean Sony dan Joseph Peterson, juga dilibatkan.

Tim Kaka dan Zidane juga akan diperkuat oleh bintang-bintang dunia lainnya, antara lain Fabien Barthez dan Christophe Dugarry (Perancis), Gheorge Hagi dan Gheorghe Popescu (Rumania).

Mereka akan melawan Rui Costa, Nuno Gomes serta para mantan pemain Benfica yang bergabung dalam Benfica All Star.

Pertandingan yang didukung oleh FIFA dan UEFA ini dipimpin oleh wasit legenderis asal Italia, Pierluigi Collina.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010