Los Angeles (ANTARA News/Reuters) - Lumpur longsor yang dipicu oleh hujan lebat menimbun permukiman di kaki bukit yang baru saja dilanda kebakaran di atas wilayah Los Angeles, Sabtu, sehingga merusak puluhan rumah dan menghancurkan sebagian di antaranya.

Tak ada laporan mengenai korban jiwa atau cedera serius, tapi penduduk nyaris tak mendapat peringatan ketika tebing lumpur, batu dan puing menimpa mereka setelah pukul 04.00 waktu setempat (19.00 WIB), membawa mobil yang ringsek dan menimbulkan jalur kerusaka.

"Seperti ada pesawat yang mendarat di rumah anda, tak ada jalan ke luar," kata seorang perempuan sambil berliang air mata kepada stasiun televisi lokal yang berafiliasi kepada CBS. Ia tak mau menyebutkan namanya.

Pemerintah berusaha membersihkan jalan yang tertimbun lumpur dan memerintahkan pengosongan lebih dari 500 rumah karena hujan diperkirakan masih turun sepanjang Sabtu malam dan, sementara daerah penampungan air sudah penuh, lereng bukit tetap tak stabil dan berbahaya.

Secara keseluruhan, 41 rumah mengalami rusak ringan sampai parah, kata jurubicara Dinas Pemadam Los Angeles. Lima rumah dilaporkan oleh pemeriksa sebagai tak berpenghuni dan sebanyak tujuh rumah lagi tertimbun lumpur dan batu.

Kerusakan paling parah di permukiman di kaki bukit La Canada-Flintdridge, tempat kebakaran besar musim panas lalu memusnahkan pepohonan dan sayur-mayur.

Pemerintah menyatakan di sepanjang satu jalan di sana, sedikitnya 30 rumah mengalami kerusakan akibat lumpur sungai yang menerpa jalan.

Kolam renang di halaman belakang satu rumah dipenuhi lumpur, puing dan furnitur dari rumah itu, termasuk sejenis dipan.

Banyak mobil "terlihat seperti mainan yang tercecer di seluruh jalanan", katanya.

Satu sekolah tinggi dijadikan pusat pengungsian. Namun banyak warga mengatakan meskipun hujan mengguyur dengan jumlah satu inci per jam pada Jumat malam, mereka tak diperingatkan atau disarankan agar mengungsi, seperti yang mereka alami saat badai menerjang pada waktu lalu.

Di tempat lain di daerah Los Angeles, banjir memaksa ditutupnya beberapa jalan dan satu jalan bebas hambatan utama. Batu yang longsor menutup jalan utama melalui pingggir permukiman mewah di Malibu.

Di Hollywood, lubang menganga di satu persimpangan di sepanjang Sunset Strip, yang terkenal.

National Weather Service atau BMKG setempat mengeluarkan peringatan bagi semua pantai di seluru Los Angeles dan Ventura County. Ombak setinggi 2,5 meter diramalkan menghantam semua pantai tersebut, yang digerogoti erosi.
(Uu.C003/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010