Lievin, Prancis (ANTARA News/AFP) - Melanie Oudin memastikan langkah Amerika Serikat ke semifinal grup dunia Piala Fed, Minggu, dengan mengalahkan Julie Coin 7-6 (7/3) 6-4.

Dengan kemenangan itu, tim Amerika Serikat unggul 3-0 atas tuan rumah Prancis.

Sebelumnya, Sabtu, Oudin sebagai tunggal kedua juga merebut angka bagi tim AS melalui kemenangan atas Pauline Parmentier 6-4, 6-4.

Angka pertama bagi AS diraih petenis peringkat 140 dunia Bethanie Mattek-Sands yang menang atas Aulize Cornet 7-6 (9/7), 7-5.

Cornet, yang telah enam kali kalah pada pertandingan Piala Fed, tidak lagi dipasang untuk partai ketiga dan kapten tim Prancis Nicolas Escude mempercayakan kepada Colin. Namun Colin juga tidak dapat menahan Oudin.

Pada babak semifinal AS akan menghadapi pemenang antara Serbia dan Rusia.

Oudin, yang baru berusia 18 tahun, juga masuk dalam tim Piala Fed AS yang tahun lalu sempat lolos ke final sebelum dikalahkan Italia. Ketika itu AS terpukul oleh mundurnya Serena dan Venus Williams.

Pemain asal Georgia itu sempat menjadi fokus perhatian tahun lalu ketika mampu mencapai perempat final AS Terbuka dan ke putaran empat Wimbledon.

Prancis, dua kali juara Piala Fed, kini harus melakukan playoff grup dunia pada 24-25 April mendatang melawan tim yang kalah dari grup dua.

Escude menyalahkan "kurangnya pengalaman" sebagai penyebab kekalahan timnya.

Ia juga berharap beberapa pemain berpengalaman seperti Aravane Rezai, yang kali ini absen, dapat kembali memperkuat tim Prancis.(T004/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010