Sepak Bola Nasional

LIB apresiasi antisipasi COVID-19 oleh klub Liga 1 dan 2

LIB apresiasi antisipasi COVID-19 oleh klub Liga 1 dan 2

Pemain Bhayangkara FC Adam Alis saat dilakukan Swab Test pada Selasa (25/8/2020). (ANTARA/HO/Media Officer Bhayangkara FC)

Klub-klub melakukan 'swab test', 'rapid test' secara mandiri sebelum kompetisi dimulai
Jakarta (ANTARA) - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi semua bentuk antisipasi penyebaran COVID-19 oleh klub-klub Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dengan melakukan tes usap (swab test) maupun tes cepat (rapid test) secara mandiri.

"Klub-klub melakukan 'swab test', 'rapid test' secara mandiri sebelum kompetisi dimulai. Itu langkah yang bagus," ujar Sudjarno kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Sudjarno melanjutkan, LIB juga sangat menghargai langkah klub untuk terus berkomunikasi dengan LIB sebagai operator kompetisi terkait kondisi terkini tim termasuk hasil pengetesan COVID-19 yang telah dilakukan.

Baca juga: LIB tanggung biaya tes usap Liga 1

Tim-tim itu, kata dia, tidak pernah menutup-nutupi hasil uji COVID-19 yang telah dilakukan.

"Mereka terbuka kepada kami dan rutin memasukkan laporan melalui sistem yang kami bangun," ujar Sudjarno.

Nantinya, ketika kompetisi bergulir, purnawirawan Polri berpangkat akhir Inspektur Jenderal itu memastikan bahwa LIB akan mengambil alih tanggung jawab tes COVID-19 bagi semua tim.

"Saat liga dimulai, kami akan menjalankan apa yang menjadi kewajiban LIB seperti mengadakan 'swab test' setiap 14 hari," kata Sudjarno.

Klub-klub Liga 1 dan 2 musim 2020 melaksanakan tes COVID-19, baik usap maupun cepat, sebelum mulai berlatih menjelang bergulirnya kompetisi di tengah pandemi COVID-19.

Klub Liga 1 Persik Kediri mengumumkan pada Minggu (13/9) bahwa bek mereka yang berasal dari Papua, Andri Ibo, positif COVID-19 dan telah menjalani perawatan di Kediri.

Baca juga: Bek Persik Andri Ibo positif COVID-19

Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi.

Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Liga 2 Indonesia musim 2020 bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Kompetisi ini berlangsung dengan format turnamen yang melewati penyisihan grup.

Baik Liga 1 dan 2 dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Semua laga dilangsungkan tanpa kehadiran penonton di stadion dan pengetesan COVID-19 akan dilakukan secara rutin.

Baca juga: LIB: keluhan klub terkait jadwal liga dibahas dalam 'manager meeting'
Baca juga: LIB ubah format lokakarya medis dari tatap muka ke virtual

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Arema FC perkenalkan pelatih baru, janjikan tim di papan atas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar