Rafah, Mesir (ANTARA News/AFP) - Polisi Mesir telah menyita lebih dari tiga ton bahan peledak yang direncanakan untuk diselundupkan ke Jalur Gaza, kata seorang pejabat keamanan Rabu.

Beberapa pejabat keamanan menemukan TNT itu Selasa, disembunyikan di 79 kantong besar di distrik Sarsuriya dekat perlintasan perbatasan Rafah dengan Gaza, kata pejabat tersebut.

Beberapa warga telah memberi keterangan pada polisi mengenai tempat penyembunyian 3,5 ton bahan peledak itu, yang sudah siap untuk diselundupkan melalui satu dari banyak terowongan bawah tanah yang menghubungkan Gaza dengan Mesir.

Kairo telah meningkatkan upayanya untuk menutup terowongan-terowongan tersebut, yang sebagian besar digunakan untuk mengirim pangan dan barang lainnya ke kantung wilayah Palestina yang miskin, yang diblokade sejak gerakan IslamHamas berkuasa pada 2007 itu.

Mesir kini sedang membangun rintangan bawah tanah untuk menutup, setelah upaya berulang untuk menemukan dan menghancurkan terowongan itu, bersama dengan serangan udara Israel, gagal untuk mengakhiri perdagangan barang selundupan yang berkembang.

( Para penyelundup di Sinai menyatakan sebagian besar terowongan itu digunakan untuk menyelundupkan barang selundupan, tapi Hamas mengoperasikan beberapa yang digunakan hanya untuk senjata. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010