Jakarta (ANTARA News) - Rusman Sari (30) petugas keamanan perumahan Kompleks Sunter Mas mengatakan para pegawai Yayasan Anand Ashram kurang bergaul dengan warga sekitar. "Ah boro-boro mau kerja bakti, mereka sibuk dengan kerjaannya.Mungkin setahun sekali mereka ikut kerja bakti,"katanya saat ditemui ANTARA News, Rabu.

Yayasan Anand Ashram didirikan Anand Khrishna pada tanggal 14 Januari 1991 dan terletak di Jl. Sunter Mas Barat II-E, Blok H-10/1, Sunter, Jakarta Utara. Di lokasi itu berdiri rumah berlantai dua dengan garasi mobil yang terletak di tengah pemukiman warga. Anand Khrishna saat ini tersandung tuduhan pelecehan dan pencabulan yang dilaporkan ke polisi oleh bekas anggota perkumpulan meditasinya.

Menurut Rusman, warga sekitar tidak mengeluhkan kegiatan meditasi di yayasan itu. Satu-satunya masalah adalah lahan parkir yang minim. Rusman beberapa kali mendapati mobil pengunjung yayasan itu parkir di depan pintu rumah warga.

"Tempat meditasi itu tidak punya lahan parkir sendiri dan ketika malam hari, warga yang baru pulang kerja marah-marah karena terhalang mobil di pintu masuk rumanhnya", kata Rusman yang telah bertugas di tempat itu selama 10 tahun."Bayangin aja mas ngatur 40 mobil yang tidak punya tempat parkir, pasti ruwet," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan Anand Ashram kebanyakan berlangsung sore dan malam hari. "Aduh, kalau siang-siang gini sepi mas, coba sabtu sore ramainya minta ampun", kata Rusman. "Pak Anand juga sering terlihat hari Sabtu naik mobil", ujarnya.

Dia mengatakan ada warga yang berniat mengutarakan keresahan ke ketua Rukun Tangga (RT) menyusul laporan kepada polisi tentang dugaan pelecehan dan pencabulan oleh Anand Khrisha."Insya Allah masalah ini dilaporkan ke Pak RT dan dibahas ke rapat warga", kata penjaga keamanan itu.

Namun, di tempat lain, seorang warga yaitu Awi (50) mengatakan hingga saat ini tidak ada keluhan dari warga. Rumah Awi terpaut empat rumah dari bangunan yayasan tersebut.

"Saya tidak ada masalah dengan kegiatan meditasi, meditasi bagus kok buat kesehatan," kata Awi yang tinggal di kawasan itu sejak 1986. Ia mengaku kegiatan yayasan tidak mengganggu warga dan tidak gaduh.

Ketika ditanya ANTARA News tentang lahan pakir, "Tempat parkir tidak ada masalah karena peserta selain ramah juga meminta izin terlebih dahulu ketika hendak memakirkan mobil", katanya.

Menurut Awi, yang membuka usaha percetakan di rumahnya, pada pekan-pekan terakhir keramaian yayasan berkurang. "Minggu-minggu ini sepi mas, tidak tahu kenapa, mungkin masalah pelecehan itu", katanya.

Mistam, sekretaris RT 02/08 mengaku sejauh ini belum adalah keluhan dari warga akan tempat meditasi itu terkait kasus pelecehan. "Warga disini belum melaporkan apapun, lagipula kasus itu kan terjadinya tidak di sini tapi di tempat lain," katanya.

Mistam tidak memungkiri sepinya pengunjung ke tempat meditasi. Menurut dia hampir tidak ada mobil yang datang. "Sudah seminggu ini sepi tidak ada kegiatannya, mungkin sudah dialihkan",ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Anand Ashram Maya Safira Mukhtar mengemukakan bahwa kegiatan yayasan berjalan seperti biasa meski ada tuduhan dugaan pelecehan dan pencabulan tersebut.

"Kegiatan masih berjalan seperti biasa dan peserta masih tetap jumlahnya," kata Maya yang diwawancara lewat telefon.

Maya mengemukakan pihaknya telah berkomunikasi dengan peserta meditasi agar mereka tenang. Beberapa peserta meditasi kaget dengan pengaduan tersebut. "Kok bisa sih," kata Maya mengutip komentar seorang peserta kepadanya.

Ketika ditanya tentang sosok pelapor berinisial Tr dan Su, Maya mengatakan Tr pernah menjadi koordinator muda mudi di Anand Ashram.

"Saya tidak ada hubungan atau kerjasama apapun dengannya. Kalau Su itu bukan asisten saya, dia hanya pegawai biasa," kata Maya lalu mengakhiri wawancara. (ADM/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010