Tampa, Florida (ANTARA News) - Tanpa diperkuat pemain bintang yang berada di Eropa, tuan rumah AS bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan El Salvador 2-1 pada pertandingan persahabatan seperti dikutip AFP di Tampa, Kamis WIB.

Dua gol AS pada pertandingan yang berlangsung dalam dingin di Stadion Raymond James itu dicetak oleh Brian Ching dan Sacha Kljestan, masing-masing pada menit ke-74 dan 90.

Tim AS yang dipersiapkan ke Piala Dunia 2010 itu, tertinggal lebih dulu pada menit ke-59 melalui gol penyerang Rudy Corrales.

Tapi keunggulan Salvador tidak berlangsung lama setelah Ching berhasil mencetak gol balasan melalui sundulan kepala.

Kemenangan tuan rumah ditentukan pada saat "injury time" melalui gol Sacha Kljestan yang menaklukkan kiper Miguel Montes.

"Saya kira banyak hal positif yang didapat dari hasil pertandingan ini," kata pelatih AS Bob Bradley usai pertandingan.

Ching, Kljestan dan Heath Pearce hanya sebagian kecil dari pemain yang terpilih untuk memperkuat AS di putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Ching juga masuk dalam tim Piala Dunia 2006 di Jerman, tapi lebih banyak duduk di bangku cadangan ketika itu.

Sebagian besar pemain AS yang diturunkan di pertandingan persahabatan tersebut adalah mereka yang berlaga di Liga AS (Major League Soccer/MLS).

Pada pertandingan sebelumnya 23 Januari lalu, AS dipaksa menyerah 1-3 oleh Honduras karena ketika itu juga tidak diperkuat oleh pemain yang sebagia besar bergabung dengan klub Eropa.

Ching menyampaikan kekhawatirannya kemungkinan pemogokan permain karena konflik yang terjadi dalam MLS bisa mengancam persiapan para pemain yang bergabung dengan klub di kompetisi lokal.

"Jika kami tidak bertanding berminggu-minggu, hal itu tentu sangat merugikan persiapan kami. Saya berharap pemogokan itu tidak akan terjadi," katanya.

Berdasarkan jadwal, MLS akan digelar mulai 25 Maret mendatang.

Pada pertandingan persahabatan berikutnya menghadapi Belanda di Amsterdam, Rabu mendatang, AS akan diperkuat oleh sebagian pemain yang ikut membantu negaranya untuk lolos ke putaran final Piala Dunia enam kali secara beruntun.

Pertandingan tersebut merupakan pertandingan terakhir sebelumnya Bradley mengumumkan nama 23 pemain yang akan diajak ke Afrika Selatan.

Pada 25 Mei mendatang, AS akan menghadapi pertandingan persahabatan dengan Republik Ceko dan Turki pada 29 Mei di Philadelphia sebelum bertolak ke Afrika Selatan.

AS, yang langsung tersingkir di babak pertama Piala Dunia 2006, akan mengawali perjuangan di Afrika Selatan menghadapi Inggris pada 12 Juni.

Enam hari kemudian, mereka akan berhadapan dengan Slovenia, sebelum mengakhiri penyisihan grup melawan Aljazair.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010