Kairo (ANTARA News) - Satu patung kepala dari granit dengan ukuran besar yang berwarna merah serta berusia 3.000 tahun milik Amenhotep III, kakek Tutankhamun, telah ditemukan di Luxor, kata Menteri Kebudayaan Mesir Farouk Hosni,Minggu.

Patung kepala setinggi 2,5 meter yang berkilap dan memperlihatkan penampilan muda adalah patung Amenhotep III dalam posisi berdiri. Patung tersebut memakai mahkota putih Mesir dan lencana kerajaan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Para ilmuwan yang melakukan pemeriksaan DNA dan CT scan pada sejumlah mumi telah mengidentifikasi Amenhotep III sebagai kakek Tutankhamun, raja remaja yang dilahirkan dari perzinahan saudara kandung antara Akhenaten dan adik perempuannya, keduanya anak Amenhotep III.

Hourig Sourouzian, yang memimpin misi penggalian, mengatakan patung kepala Amenhotep III tersebut adalah satu dari 84 benda bersejarah yang digali di kuil pemakaman di tepi barat Sungai Nil di Luxor.

"Kami telah mengumpulkan banyak patung granit merah yang pernah berdiri di bagian selatan lapangan luas kuil pemakaman Amenhotep III," kata Sourouzian. Ia menambahkan beberapa bagian patung itu sedang dipersatukan.(C003/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010