Yogyakarta (ANTARA News) - Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menghadirkan mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Susno Duaji, pada hari terakhir Pesta Buku 2010 yang akan digelar 15 Maret di Jogja Expo Center (JEC).

"Dalam sebuah acara dialog khusus di Pesta Buku nanti, Susno Duaji yang terkenal karena kontroversinya itu akan membahas mengenai buku tentang dirinya yang berjudul (Bukan) Testimoni Susno," kata Wakil Ketua IKAPI DIY, Sobirin Malian, di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, mantan Kabareskrim Polri tersebut dipastikan dapat hadir dan diharapkan dialog tersebut juga mampu menambah wacana pengunjung Pesta Buku yang digelar untuk ke-23 kali tersebut.

Selain menghadirkan tokoh kepolisian yang dianggap cukup kontroversial tersebut, beberapa dialog lain juga akan digelar seperti dialog tentang Undang-Undang Pelarangan Buku yang menghadirkan beberapa narasumber diantaranya adalah Pusat Studi Hak Asasi Manusia (Pusham) UII, IKAPI Pusat dan Kejaksaan Tinggi DIY.

Buku raksasa dengan ukuran 48x60 centimeter (cm) hasil kreasi tanpa batas dari sekitar 1.000 siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar se DIY pun akan dipamerkan di salah satu sudut ruang pameran tersebut.

"Diharapkan, anak-anak yang dulu ikut menggambar dapat melihat kembali hasil karya mereka. Rencananya, replika buku tersebut juga akan ditempatkan di Taman Pintar dan Perpustakaan Kota," katanya.

Pada pameran tersebut, IKAPI juga menggandeng sekitar 10 sekolah menengah kejuruan (SMK) di DIY untuk menampilkan hasil kreasinya, seperti dari SMK N 2, SMK N 5, SMK N 6, SMK Muhammadiyah 3 dan 5.

"Anak-anak SMK ini memiliki kreativitas yang tinggi dan mudah mengajak mereka bekerja sama dalam pameran. Selain untuk memberikan kesempatan bagi mereka untuk melakukan promosi," kata Sekretaris Pesta Buku 2010 Muhyidin Albarobis.

Beberapa kreasi yang akan ditampilkan siswa SMK pada Pesta Buku tersebut diantaranya adalah fashion show, demo kecantikan dan demo masak serta pertunjukan musik.

Pada Pesta Buku 2010 tersebut, penyelenggara juga menyatakan optimismenya bahwa target pengunjung sebanyak 15.000 perhari dapat terpenuhi, apabila melihat kecenderungan peningkatan jumlah pengunjung dari tahun ke tahun.

Pesta Buku tersebut akan digelar selama enam hari yaitu pada 10-15 Maret yang diikuti sekitar 500 penerbit dengan 50.000 judul buku.

Ketua Panitia Pesta Buku 2010 Listyanto menyatakan, sebanyak 25 persen pengunjung yang datang ke pesta buku pasti membeli buku.

"Akan ada cuci gudang dari beberapa penerbit, bahkan diskonnya bisa mencapai 90 persen," katanya.
(U.E013/N002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010