Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Moh. Haris Kariming menyatakan terjadi penambahan kasus baru COVID-19 di Sulteng yakni sebanyak 24 orang dan sembuh 12 orang.

"Hari ini 24 orang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel usap. Mereka itu berada di sejumlah daerah di antara lain 21 orang di Kota Palu, satu orang di Kabupaten Buol, satu orang di Sigi dan satu orang di Banggai,"katanya di Palu, Selasa malam.

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh bertambah 50 orang di Aceh

Dengan bertambahnya 24 orang pasien COVID-19 tersebut, secara kumulatif hingga saat ini COVID-19 telah menginfeksi 491 orang di Sulteng.

Sementara itu, lanjutnya, 12 orang pasien COVID-19 juga dinyatakan sembuh hari ini. Mereka berada di sejumlah daerah yakni sembilan orang di Palu, dua orang di Poso dan satu orang di Donggala.

"Mereka telah diizinkan pulang dan berkumpul dengan keluarganya namun harus menetapkan protokol COVID-19. Secara kumulatif sampai saat ini 324 orang di Sulteng telah sembuh dari COVID-19,"ujarnya.

Baca juga: GTPP Denpasar mencatat 26 pasien COVID-19 sembuh

Selain itu 18 orang meninggal dunia dan 148 orang masih menjalani isolasi secara mandiri maupun di pusat pelayan kesehatan milik pemerintah daerah setempat.

"Kami berharap kasus COVID-19 di Sulteng berkurang dan seluruh pasien dapat sembuh seiring dengan berbagai kebijakan pemerintah daerah di tingkat provinsi hingga kabupaten untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut," katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

"Langkah tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," tambahnya.

Baca juga: Pemkot Madiun catat tingkat kesembuhan COVID-19 capai 84,67 persen
Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Bantul bertambah 15 jadi 643 orang
Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di DKI Jakarta naik jadi 81,8 persen


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020