Jakarta (ANTARA News) - Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, 2010 merupakan momentum untuk mendorong investasi masuk ke Indonesia.

"Setelah krisis 2009 dan kita berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi pada 4,5 persen, membuat 2010 ini menjadi momentum bagi kita untuk mendorong investasi masuk," kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi UI tersebut di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pada 2010 investasi asing melirik Indonesia. Hal ini menurut dia sebagai efek dari kepercayaan asing terhadap perekonomian Indonesia yang kuat.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ditopang oleh konsumsi rumah tangga menjadi pasar yang menarik. Apalagi Indonesia memiliki populasi penduduk 230 juta jiwa.

"Ini tentu saja menarik bagi investasi, karena memang investasi yang akan mengalir tentunya akan menyasar pasar domestik ini," katanya.

Ia menjelaskan, ketertarikan asing terhadap pasar Indonesia juga dipengaruhi oleh keterbukaan ekonomi Indonesia.

Menurutnya, semakin terbuka perekonomian, maka investasi yang akan datangpun juga akan semakin banyak. "Ini karena mereka bisa lebih leluasa untuk melirik baik pasar domestik maupun pasar ekspor," katanya.(M041/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010