Washington, (ANTARA News) - Salah seorang anak Osama bin Laden, menyeru kepada Teheran untuk membebaskan sejumlah kerabatnya yang dihukum tahanan rumah di Iran.

Seruan itu dimuat dalam sebuah surat yang di keluarkan Minggu. Pesan itu disebarkan oleh Global Islamic Media Front dan diterjemahkan oleh jasa pengawas SITE Intellegence Group.

Surat yang konon berasal dari anak Osama yang bernama Khalid, itu ditujukan pada pemimpin Iran Ali Khamenei. Khalid mengajak Khamenei turun tangan  membebaskan kerabat Osama.

"Setelah perang salib di Afghanistan, mereka dipaksa masuk Iran dan kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak," kata surat itu, sebagaimana dikutip dari AFP.

Surat itu menuduh Iran sudah mengumpulkan anggota keluarga Osama dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti.

"Mereka sudah berkali-kali memohon untuk meninggalkan Iran, hanya untuk dipukuli dan dibungkam," tulis Khalid bin Osama bin Laden.

Menurut Khalid keluarganya sudah cukup menderita, setelah dikejar oleh pasukan internasional karena ketidakpercayaan mereka, keluarganya juga menderita karena jauh dari rumah dan menjadi orang asing di negeri yang asing.

Tahun lalu, media Iran melaporkan bahwa enam anak dan seorang istri pemimpin Al-Qaeda itu hilang sejak invasi Amerika Serikat ke Afghanistan tahun 2001. Mereka dihukum tahanan rumah di Iran.

Iman, salah seorang putri Osama, yang berusia 17 tahun dikatakan berharap dipulangkan ke Arab Saudi setelah melarikan diri dari tahanan rumah dan berlindung di kedutaan besar Arab Saudi di Teheran. (ENY)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010