Taipeh (ANTARA News/CNA) - Film berisi informasi yang dikeluarkan oleh badan koordinasi kebijakan China di Taiwan pada Kamis yang mendorong penandatanganan persetujuan kerangka kerja sama ekonomi (ECFA) lintas Selat Taiwan menyebutkan bahwa Taiwan "tak ingin menjadi Korea Utara kedua."

Informasi selama 90 detik dalam dialek Taiwan itu yang diluncurkan oleh Dewan Urusan Daratan (MAC) melukiskan Korea Utara merupakan satu-satunya negara di Asia yang tak masuk ke dalam integrasi ekonomi regional di kawasan itu.

"Rakyat di Taiwan diharapkan memperoleh informasi lebih baik tentang situasi di Taiwan lewat deskripsi itu," kata Wakil Menteri MAC Liu Te-shun.

Film tersebut menyebutkan penandatangan ECFA antara Taiwan dan China akan memungkinkan pengusaha dan rakyat Taiwan bersaing dengan negara-negara lain atas dasar kesejajaran.

Ditambahkan, persetujuan perdagangan itu bertujuan membantu rakyat mencari uang dan hal itu saat ini merupakan solusi paling mungkin guna membantu mempertajam daya saing internasional Taiwan.

"Kedaulatan Taiwan hanya akan terjaga manakala hak rakyat untuk hidup terjaga," demikian film itu.
(Uu.M016/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010