Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah akan mengupayakan agar bantuan operasional kesehatan (BOK) yang selama ini baru dinikmati di rumah sakit akan ditingkatkan hingga menjangkau Puskesmas dan posyandu.

Wapres Boediono menegaskan dalam temu wicara dengan petugas kesehatan dan KB Kota Bekasi di Bantar Gebang, saat seorang petugas dalam tanya jawab mempertanyakan peningkatan jangkuan BOK.

"Untuk 2010 bantuan operasional akan mencapai Puskesmas dan pada 2011 sudah menjangkau Posyandu. Kalau soal dana operasional di Posyandu nanti kita lihat apa yang bisa dilakukan," ujarnya.

Boediono menyatakan tidak bisa menjanjikan sekarang dan akan diusahakan sesuai kondisi keuangan negara.

"Nanti Gubernur dan Wali Kota akan ikut memikirkan masalah tersebut," ujarnya.

Ia menyatakan, petugas kesehatan Puskesmas dan Posyandu merupakan ujung tombak dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, demikian juga ibu dan bapak yang peduli dengan program pemerintah dibidang kesehatan.

Ia menyampaikan penghargaan luarbiasa atas kerja keras yang dilakukan dalam menyehatkan dan memberikan pelayanan baik kepada masyarakat.

Mantan Menko Kesra itu mengibaratkan kesehatan sebagai perangkat keras sementara pendidikan sebagai perangkat lunak. "Dua-duanya harus saling menunjang dan bila perangkat keras tidak cukup kapasitasnya tidak jalan sementara bila perangkat lunak kurang dimanfaatkan akan mubazir," ujarnya.

Bagi Boediono yang lama berkiprah di bidang pendidikan itu, menegaskan pemerintah mengibaratkan pendidikan dan kesehatan sebagai dua sejoli yang mendapat perhatian utama dari pemerintah.

Hadir mendampingi Wapres dalam acara temu wicara tersebut, Menko Kesra Agung Laksono, Mentri PU, Joko Kirmanto, Mendiknas M. Nuh, Menag Suryadharma Ali, Kepala BKKBN, Dirjen Pelayanan Masyarakat Depkes dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010