Mamuju (ANTARA News) - Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), yang terlantar di Arab Saudi, akan segera dipulangkan ke kampung halamannya.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju akan segera memulangkan TKI asal daerah ini yakni Asliah yang bermasalah diluar negeri,"kata Kepala Seksi Pengawasan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Mamuju, Armon, SH, di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, Pemkab Mamuju melalui Dinsosnakertrans telah meminta PT Duta Fajar Utama, salah satu perusahaan jasa TKI di Jakarta melalui perwakilannya di Makassar, untuk segera memulangkan Asliah ke kampung halamannya di Desa Lara Kecamatan Korossa Kabupaten Mamuju.

Ia juga telah meminta PT Duta Fajar Utama untuk bertanggung jawab terhadap seluruh biaya pemulangan Asliah ke kampung halamnnya.

Asliah terlantar setelah mendapatkan perlakuan kasar dari majikannya. Dia terlantar karena tidak tahu cara untuk pulang serta tidak memiliki ongkos biaya pulang kembali ke kampung halamannya.

Azhari,  adik Asliah, melaporkan peristiwa itu kepada Pemkab Mamuju (16/3), Menurut Azhari, kakaknya mendapat perlakuan kasar dari majikannya dan nyaris diperkosa.

Asliah yang rela meninggalkan suaminya, Fajar (35) dan tiga orang putrinya yakni, Anggun, (7), Ririn (5) dan Eva (2) bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Arab Saudi.

Menurut dia, keluarga telah berusaha memberikan biaya pulang untuk Asliah melalui PT Duta Fajar Utama Jakarta sekitar Rp5.000.000, namun hingga kini belum ada kejelasan kapan Asliah akan dipulangkan oleh perusahaan yang membawanya tersebut.(ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010