Jakarta (ANTARA News) - Satu cara membuat keberadaan media online mudah dicari dan ditemui oleh publik yaitu seberapa besar usaha media online itu mendekatkan keberadaanya ke publik itu sendiri, kata Direktur Insights Edelman Digital Steve Rubel dalam diskusi di Gedung ANTARA Pasar Baru Jakarta, Senin.

Menurut Steve, salah satu cara media mendekatkan diri dengan publik diantaranya melalui situs jejaring sosial facebook.

"Caranya bagaimana kita membangun hubungan yang baik dengan publik menggunakan segala media seperti Facebook," katanya.

Salah satu situs jejaring sosial facebook menjadi media yang banyak di gemari oleh publik dan bisa menjadi alat untuk mempromosikan sebuah produk di Online saat ini.

Menurut sebuah survey Indonesia duduk di urutan kedua setelah Amerika Serikat (AS) sebagai negara dengan pengguna facebook terbanyak di dunia dengan angka 19.094.640 orang.

"Facebook sedang on-fire, Di AS orang bisa facebookan selama tujuh jam perhari sedangkan untuk yahoo selama dua jam perhari,"katanya.

Media online berita harus menyaring segala berita atau informasi yang masuk agar publik mendapatkan informasi akan kebenaran yang akurat karena sebuah media harus mencerdaskan publik dengan berita-beritanya yang berkualitas.

"Saya tidak percaya dengan media, tetapi saya percaya dengan perpindahan media ke publik," katanya.

Acara diskusi ini bertema "Tiga Trend Digital dalam Dekade Terkini; Bisnis yang bersifat Real Time, Visible dan Data Driven" sebuah kerjasama antara Kantor Berita ANTARA dengan IndoPacific Edelman. salah satu manfaat dari diskusi ini adalah pembelajaran.

"Pembelajaran untuk mengetahui perkembangan kontemporer media digital dan agar kontent yang dihasilkan lebih efektif menjangkau dan diterima pasar," kata Ahmad Mukhlis, Direktur LKBN Antara.

(Adm/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010