London (ANTARA News) - Pertarungan menjelang akhir kompetisi Liga Utama Inggris semakin menegangkan, setelah Rabu malam Chelsea menumbangkan Portsmouth 5-0 pada laga tandang sehingga naik ke atas Arsenal dan terpaut satu angka dengan pimpinan klasemen Manchester United.

Kemenangan itu membuat klub London itu menambah angka menjadi 68 poin, satu angka terpaut dengan klub juara dan unggul karena beda selisih gol. Kedua tim papan atas itu akan bertemu di Old Trafford pada 3 April.

Arsenal berada di urutan ketiga dengan koleksi 67 poin dan ketiga klub teratas itu sama-sama memiliki sisa tujuh pertandingan lagi.

Tottenham Hotspur, yang maju ke semifinal Piala FA setelah memang 3-1 di Fulham, Rabu, tetap berada di urutan keempat dengan simpanan 55 poin setelah.

Manchester City terpaut dua angka setelah kalah 0-2 di kandang ketika menjamu Everton. Gol yang diciptakan Tim Cahill dan Mikel Arteta membuat Everton tetap melaju sekaligus menciptakan kekalahan kandang pertama bagi City musim ini.

Liverpool dan Aston Villa, yang bermain 1-1 di kandang melawan by Sunderland, sama-sama mengantongi nilai 51 poin dan Everton di bawah mereka dengan tabungan 48 poin.

Chelsea, yang tersingkir dari kompetisi Liga Champions setelah dikalahkan Inter Milan seminggu lalu dan ditahan imbang oleh Blackburn Rovers, Minggu, masih memiliki beda satu pertandingan.

Setelah berjuang keras melawan tim papan bawah itu sekitar setengah jam, akhirnya mereka mendapatkan gol awal ketika penjaga gawang David James --yang ingin tetap bermain di Piala Dunia-- membuat kesalahan sehingga Didier Drogba menusuk pertahanannya.

Florent Malouda melaju mengejutkan dari tengah lapangan ketika mencetak gol kedua pada menit ke-50 dan menambahnya 10 menit kemudian.

Drogba menggebrak lagi dan menghasilkan gol keempat pada menit ke-77 dan Frank Lampard melahirkan gol kelima pada menit akhir.

"Kami bermain bagus dan fokus selama 90 menit dan ini amat penting setelah beberapa waktu ini kami mendapatkan hasil berbeda," kata pelatih Chelsea Carlo Ancelotti kepada Sky Sports News.

"Pertandingan amat keras dan sulit tetapi kami berhasil memenuhi harapan kami dan ini sangat penting," katanya. (A008/C003)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010