Malang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa diperlukan suatu gerakan nasional untuk bersama-sama memajukan sepak bola nasional.

"Kita harus yakin dan optimis bahwa sepak bola Indonesia harus berjaya baik di tingkat nasional dan dunia," kata Presiden saat membuka Kongres Sepakbola Nasional (KSN) 2010 di GOR Ken Arok, Malang, Selasa.

Presiden menilai gerakan nasional dan optimisme adalah satu-satunya cara membangkitkan sepak bola Indonesia.

Menurut Kepala Negara, seluruh rakyat Indonesia hendaknya menyatukan tekad dan langkah guna memajukan sepak bola Indonesia.

Kemajuan sepak bola Indonesia, kata Presiden, bukanlah hal yang mustahil karena Indonesia memiliki sumber daya, talenta, semangat dan sejarah keberhasilan.

"Kita punya talenta dan penduduk besar tidak ada alasan sama sekali Indonesia suatu saat nanti tidak menjadi pemain baik," katanya seraya memberikan tiga kisah untuk mengilustrasikan keyakinannya itu.

Presiden menilai semua itu adalah suatu modal untuk maju. "Jangan disia-siakan modal ini," ujarnya.

Kepala Negara menegaskan jika dulu Indonesia bisa menjadi "macan Asia" atau tim yang disegani di Asia maka pada masa mendatang juga bisa.

Presiden juga berkomitmen pemerintah akan memberikan dukungan terhadap sepak bola Indonesia dengan penyelenggaraan kejuaraan Piala Presiden.

Ia juga berjanji untuk selalu hadir menyaksikan partai final Piala Presiden.

Ide diselenggarakannya KSN di Malang itu berawal dari keprihatinan Presiden terkait prestasi persebakbolaan nasional yang semakin lama semakin "hancur" bahkan di kawasan ASEAN saja Indonesia tidak mampu "bicara" banyak.

Dipilihnya Malang sebagai tuan rumah, diantaranya prestasi Kota Malang yang mampu mengantarkan dua tim profesionalnya berlaga di ajang LSI 2009/2010, dan kiprah Aremania (suporter Arema) yang pernah menyandang gelar suporter terbaik.

Seusai membuka KSN, pada sore harinya Kepala Negara dijadwalkan menyaksikan laga Liga Super antara Arema Indonesia melawan Persitara Jakarta Utara di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang.

Kehadiran Presiden akan memberi warna tersendiri pada laga tim pemegang tahta dan juru kunci klasemen itu.
(G003/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010