Malang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika membuka Kongres Sepak Bola Nasional di Malang, Selasa, menyampaikan keinginannya agar sepak bola Indonesia menjadi "macan Asia Tenggara" dalam lima tahun mendatang.

"Bangsa Indonesia ingin lima tahun lagi sepak bola Indonesia menjadi "macan Asia Tenggara(tim yang disegani, red) . 10 tahun lagi macan Asia dan kemudian dunia," katanya.

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan lima keinginan dan harapan pada dunia sepak bola Indonesia. "Pertama kita ingin sepak bola Indonesia bangkit dan juga kembali di Asia," katanya.

Kedua, Kepala Negara berharap Bangsa Indonesia bersatu, tidak saling bertengkar, dalam upaya memajukan sepak bola nasional.

"Ketiga, kita ingin melakukan evaluasi sehingga hal-hal yang baik diteruskan dan yang tidak ditinggalkan," ujarnya.

Keempat, Presiden menyampaikan keinginannya untuk membantu PSSI agar lebih berhasil pada masa depan. "Lima keinginan itu bukan mustahil dan dapat dicapai," ujarnya.

Ide diselenggarakannya KSN di Malang itu berawal dari keprihatinan Presiden Yudhoyono terkait prestasi persebakbolaan nasional yang semakin lama semakin "hancur" bahkan di kawasan ASEAN saja Indonesia tidak mampu "bicara" banyak.

Dipilihnya Malang sebagai tuan rumah, diantaranya prestasi Kota Malang yang mampu mengantarkan dua tim profesionalnya berlaga di ajang LSI 2009/2010, dan kiprah Aremania (suporter Arema) yang pernah menyandang gelar suporter terbaik.
(G003/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010