Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo menyatakan, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri berhasil menjaga soliditas partai sehingga tidak ada kubu-kubuan dalam partai sebagaimana dilansir sejumlah media.

"Sejumlah isu menghadapi Kongres ke-3 PDI Perjuangan di Bali seperti terbentur pada masalah tentang komposisi struktur dan beda pendapat antara para kader (ideologis versus pragmatis), semuanya cuma isu. Buktinya kami tetap solid di bawah ibu Mega," tandasnya kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Ia dengan tegas menampik isu perpecahan pikiran di lingkup elite partai berlambang kepala banteng moncong putih itu seperti opsi oposisi yang didukung mayoritas basis partainya dan opsi bergabung dalam koalisi pemerintahan.

"Tidak ada itu. Sebagai partai, kami tetap solid dan taat kepada keputusan partai serta instruksi Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Tjahjo Kumolo yang juga Ketua Panitia Nasional Kongres ke-3 PDI Perjuangan, 6-9 April 2010 di Kawasan Sanur, Bali.

Namun demikian, Tjahjo Kumolo mengatakan, hanya program partai yang bisa menjadi ajang perdebatan, tetapi masalah lainnya, yaitu soal platform, landasan ideologis serta visi kerakyatan, tidak bisa diganggu lagi.

"Kalau untuk program partai, bisa kita berdebat, karena partai tidak boleh terjebak pada program jangan pendek semata. Partai harus mempunyai garis besar program partai yang setidaknya jangka panjang dan selalu harus menyesuaikan dengan jalannya keinginan serta amanat penderitaan rakyat," katanya.

Sedangkan mengenai program-program jangka pendek, mesti fokus kepada kepentingan rakyat.

Menurut dia, seluruh kader harus berani bersikap terhadap siapa pun yang melencengkan ideologi dasar negara, yaitu Pancasila 1 Juni 1945, NKRI dan kemajemukan.
(M036/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010