Madiun (ANTARA News) - Satu rumah milik warga di Desa Ngranget, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, rusak parah akibat tertimbun tanah longsor ketika hujan deras mengguyur Selasa (30/3) malam.

"Rumah saya hancur total, roboh hingga rata dengan tanah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, saya sempat terluka di bagian kepala dan bahu setelah terjebak di balik puing reruntuhan rumah," kata pemilik rumah, Saminem, ketika ditemui Rabu.

Menurut dia, longsor itu terjadi malam hari ketika anggota keluarga tengah berada di ruang tengah. Longsor diawali dengan suara gemuruh yang diikuti dengan robohnya bangunan rumah bagian belakang.

"Saat kejadian longsor, saya langsung menyelamatkan anak saya, Fadli. Walaupun saya sempat terjebak reruntuhan bangunan, yang penting anak saya selamat," kata Saminem.

Akibat bencana itu, keluarga Saminem dan beberapa tetangganya mengungsi ke tempat saudaranya.

Saminem dibantu dengan warga, bergotong-royong membersihkan material longsoran dan puing-puing bangunan.

Sementara data dari Bakesbangpolinmas Kabupaten Madiun menyebutkan, daerah rawan longsor di Kabupaten Madiun berada di kecamatan yang terletak di lereng Gunung Wilis yakni, Kecamatan Kare, Gemarang, dan Dagangan.

(T.A052/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010