Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kehormatan Menteri Perdagangan China Cheng Deming di Kantor Presiden, Jakarta, Senin siang.

Cheng Deming melakukan lawatan di Indonesia sejak Jumat (2/4) untuk melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dan sejumlah pihak di Indonesia, termasuk mempersiapkan kunjungan kerja Perdana Menteri China Wen Jiabao ke Indonesia, akhir April 2010.

Pada Sabtu (3/4), Cheng Deming dan Mendag memimpin pertemuan ke-10 Komisi Bersama Indonesia-China di Yogyakarta.

Pertemuan tersebut menyepakati adanya target pertumbuhan perdagangan bilateral yang tinggi dan berkelanjutan, serta menjaga keseimbangan perdagangan bilateral.

Jika terjadi ketimpangan dalam perdagangan bilateral, maka pihak yang mengalami surplus perdagangan berkewajiban untuk mengambil tindakan-tindakan termasuk mendorong impor lebih lanjut dan memberikan dukungan yang diperlukan.

Dalam pertemuan itu, Pemerintah China berjanji akan mendorong perusahaan swastanya untuk meningkatkan impornya dari Indonesia agar terjadi pertumbuhan perdagangan antarkedua negara.

Selain itu, pemerintah China juga akan mendorong peningkatan investasi perusahaan swastanya di Indonesia dengan melakukan kerja sama promosi investasi bersama.

Sementara itu, menurut Mari Elka Pangestu, kinerja ekspor Indonesia ke China selama dua bulan pertama 2010 menunjukkan pertumbuhan sebesar 138 persen. Sementara itu, impor Indonesia dari China pada periode tersebut mengalami kenaikan sekitar 50 persen saja.

Mendag mengaku optimistis pertumbuhan ekspor Indonesia ke China selama 2010 akan lebih dari 9-10 persen dibanding 2009, apalagi dengan berlakunya ASEAN-China FTA secara penuh mulai 1 Januari 2010.(G003*D013/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010