Jakarta (ANTARA News) - Lukisan Bertajuk "Ibu & Anak di Kalimantan" karya terakhir Henk Ngantung, seniman Indonesia era Soekarno yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta, pernah di lelang di Balai lelang Christie, London Inggris.

"Saya tahu melalui Internet kabar kalau lukisan pak Henk yang bertema Ibu dan Anak di Kalimantan itu sudah sampai ke London dan disana tertera nama beliau." kata Janda Henk, Evie Ngantung di Kediamannya kawasan Cawang Jakarta.

Evie mengaku tidak pernah menjual karya terakhir suaminya itu. Lukisan itu setahunya berada pada seorang kenalan Henk yang ingin membantu menjual untuk karya tersebut. Belakangan, Evie tahu lukisan karya suaminya itu sudah berada ditangan seorang kolektor bernama Haw Ming Sang. Si kolektor datang ke Evie untuk mengkonfirmasi keaslian lukisan karya mendiang suami Evie.

"saya pernah disuruh foto di samping lukisan tersebut mungkin itu sebuah konfirmasi bahwa lukisan itu betul karya Henk Ngantung yang akan dijual oleh Haw Ming sang kolektor." ujar Evie. Henk meninggal tahun 1991.

Henk Ngantung adalah sosok seniman yang menghasilkan beberapa karya monumental seperti Sketsa Patung Selamat Datang, lambang DKI Jakarta, dan lambang Kostrad. Menurut Evie ada satu karya lukisan Henk Ngantung berupa gambar pemandangan yang dijual melalui sebuah forum di Internet seharga 400 juta.(YUD/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010