Pelatih tim nasional Belanda, Bert van Marwijk, boleh sumringah karena penyerang andalannya Robin van Persie telah pulih dari cedera ligamen engkel menjelang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Juli.

Van Persie, yang juga pemain klub Inggris Arsenal, sebelumnya mengalami cedera ligamen engkel dalam laga persahabatan melawan Italia dan terpaksa absen dari putaran liga primer Inggris selama lima bulan.

Kepastian pulihnya Persie itu datang dari Arsene Wenger, pelatih Arsenal, yang mengatakan akan memasukan Persie dalam 'line up' pada laga melawan Totenham Hotspurs di lanjutan liga primer Inggris, Rabu.

Kembalinya Persie akan semakin mempertajam lini depan Belanda yang yang tergabung dalam grup E dalam babak penyisihan Piala Dunia 2010.

Akan tetapi kebahagiaan Marwijk sepertinya tidak menular kepada tim satu grup mereka Denmark. Morten Olsen, pelatih tim Dinamit itu diliputi kecemasan karena beberapa pemain intinya tidak dapat bermain regular di klubnya masing-masing.

Pemain-pemain seperti Lars Jacobsen (Blackburn Rovers), Christian Poulsen (Juventus), dan Jon Dahl Tomasson (Feyenoord) harus berusaha keras agar bisa tampil secara regular di klubnya karena masalah cedera dan selalu dibangkucadangkan.

Sementara itu, pelatih Jepang Takeshi Okada memerintahkan anak buahnya untuk menggunakan tabung Oksigen untuk membiasakan diri bermain di wilayang dataran tinggi.

Jepang akan memainkan dua laga penyisihannya di daerah yang berketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut.

Ketika Jepang cemas skuad mudanya kekurangan oksigen di dataran tinggi Afrika Selatan, Kamerun justru masih memainkan pasukan veterannya di Piala Dunia 2010 itu.

Geremi dan Rigobert Song, dua veteran yang telah bermain dalam lebih dari seratus pertandingan untuk tim nasional Kamerun masih dipakai jasanya oleh pelatih Paul LeGuen.(BER/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010