Atletik

PLN Virtual Charity Run and Ride 2020 kumpulkan donasi Rp6,16 miliar

PLN Virtual Charity Run and Ride 2020 kumpulkan donasi Rp6,16 miliar

Ilustrasi - Sejumlah pelari mengikuti lomba lari internasional Borobudur Marathon 2019 di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (17/11/2019). FOTO ANTARA/Anis Efizudin/nz

Jakarta (ANTARA) - PLN Virtual Charity Run and Ride 2020 sukses mengumpulkan donasi sebesar Rp6,16 miliar dan akan digunakan untuk menyambungkan listrik bagi keluarga tidak mampu yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut VP Public Relations PLN Arsyadany Ghana Akmalaputri dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Senin, ajang lari dan bersepeda virtual itu digelar dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-75 yang diperingati setiap 27 Oktober.

Mengusung tema “Energimu Cahaya Bagiku”, kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak 16 Oktober sampai 1 November 2020 dan diikuti sebanyak 12.500 peserta.

Baca juga: 20 pelari ikuti lari amal bangun fasilitas air bersih di NTT
Baca juga: Pendaftaran Milo Indonesia Virtual Run diperpanjang

“Setiap kilometer yang ditempuh peserta dikonversikan ke dalam rupiah. Kalau berlari sebesar Rp40.000 per kilometer, sedangkan bersepeda Rp35.000 per kilometer. Total jarak yang terkumpul mencapai 164.000 kilometer dengan jumlah donasi keseluruhan Rp6,16 miliar,” kata Arsya.

Lewat hasil donasi tersebut, dia menuturkan PLN akan melakukan penyambungan listrik gratis bagi 8.417 rumah masyarakat tidak mampu yang tersebar di seluruh Indonesia dengan daya 450 VA.

Pemilihan penerima bantuan dilakukan secara langsung oleh PLN dengan memastikan bahwa penerima bantuan itu terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme dan partisipasi masyarakat. Kami berharap dengan semakin meluasnya sambungan listrik di tanah air, maka kualitas hidup dan produktifitas akan ikut terdorong, sehingga kesejahteraan pun meningkat,” kata Arsya menambahkan.

Lebih lanjut, dia memastikan ajang Virtual Charity Run and Ride tersebut akan menjadi program berkelanjutan meskipun rasio elektrifikasi di Indonesia sudah mencapai 100 persen.

“Lagi pula selain membantu mengaliri listrik bagi masyarakat yang tidak mampu, PLN Virtual Charity Run and Ride juga sekaligus bertujuan mengajak seluruh warga agar menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga,” pungkas Arsya.

Baca juga: HFH Indonesia targetkan bangun empat rumah melalui lari amal
Baca juga: Pecahkan rekor pribadi, Daniel Mananta sukses lari maraton virtual

 

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Lomba lari dan bersepeda virtual dorong masyarakat giat berolahraga 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar