BKD Jatim inovasi permudah layanan melalui "Si-Master"

BKD Jatim inovasi permudah layanan melalui "Si-Master"

Kepala BKD Jatim Nurkholis (kanan) usai melakukan MoU dengan kanreg II BKN dan Taspen untuk mengimplementasikan aplikasi 'Si-Master'. ANTARA Jatim/HO-Istimewa/FA.

Surabaya (ANTARA) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur meluncurkan inovasi untuk memudahkan layanan pada pegawai dengan dukungan teknologi informasi melalui sistem aplikasi "Si-Master".

"Dulu pemberkasan tentang layanan kepegawaian dilakukan tatap muka, tapi sekarang tidak perlu," ujar Kepala BKD Jatim Nurkholis ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa.

Si-Master, kata dia, diharapkan dapat mengintegrasikan data aparatur sipil negara (ASN), mulai dari pemerintah kabupaten/kota, provinsi maupun Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Aplikasi tersebut merupakan strategi digital yang dilakukan untuk pengelolaan manajemen ASN berbasis sistem merit, seperti kenaikan pangkat yang tidak lagi membutuhkan pemberkasan untuk pengurusannya karena sudah terintegrasi.

Pihaknya, bahkan telah melakukan koordinasi integrasi data ASN Provinsi Jatim dengan kabupaten/kota di Kantor BKD Jatim di Surabaya, Senin (9/11).

BKD Jatim, lanjut dia, juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kantor Regional BKN dan BKD kabupaten/kota, termasuk Taspen untuk memudahkan layanan tunjangan hari tua para ASN.

"Tujuannya, ASN yang pensiun tidak perlu mendatangi Taspen untuk mengurus tunjangan hari tua," ucapnya.

Si-Master, lanjut dia, diciptakan tidak hanya dapat mengintegrasikan dengan BKD dari daerah hingga pusat, tapi juga menjembatani berbagai aplikasi di instansi lain yang membutuhkan data kepegawaian, salah satunya BPJS.

Sementara untuk menjembatani berbagai aplikasi, dapat terkait dengan Si-Master, BKD Jatim menyiapkan Application Programming Interface (API).

"Masing-masing instansi itu punya aplikasi. Tapi kadang-kadang aplikasi itu datanya tidak bisa terintegrasi langsung," tutur mantan Kepala Biro Organisasi Setdaprov Jatim tersebut.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Jabar luncurkan posko dan aplikasi pengaduan masyarakat E-Dumas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar