Bandarlampung (ANTARA News) - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lampung akan menggelar diskusi tentang "Kriminalisasi Pers", dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-64 PWI Tingkat Provinsi Lampung tahun 2010.

Ketua Panitia HPN tingkat Provinsi Lampung, Iskandar Zulkarnain, mengatakan, di Bandarlampung, Minggu, diskusi yang akan diikuti sekitar 150 peserta itu akan berlangsung di Gedung Pusiban kantor gubernur Lampung, di Bandarlampung, Senin.

Iskandar, yang juga Redaktur Pelaksana (Redpel) Harian Umum Lampung Post, didampingi Sekretarisnya, Yulizar Kundo, menjelaskan, dalam diskusi itu akan bertindak selaku pembicara kunci (Keynote Speaker) Ketua Dewan Pers, Prof Dr H Bagir Manan SH MH.

Pembicara lain adalah Gubernur Lampung Sjachroedin ZP tentang "Kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung kebebasan pers dan pencegahan kriminalisasi pers di Lampung".

Kemudian juga Kapolda Lampung Brigjen Pol Sulistyo Ishak tentang "Penerapan UU No. 40/2999 Tentang Pers sebagai Lex Spesialist dalam pentidakan perkara pidana yang berkaitan dengan tugas jurnalistik.

Acara diksusi itu akan dimoderatori oleh Dr Yuswanto SH MH, dari Unversitas Lampung (Unila).

Dalam kaitan peringatan HPN dan HUT PWI itu, PWI Cabang Lampung juga melakukan bhakti sosial, di antaranya menghijaukan kawasan tandus di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai (Way) Sekampung, di Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Selain akan menghijaukan kawasan DAS Way Sekampung, PWI Cabang Lampung dalam perayaan HPN tahun ini juga akan melanjutkan penghiauan di wilayah Kota Bandarlampung, sebegai realisasi penanaman seribu pohon.

PWI Cabang Lampung juga akan memberikan penghargaan kepada para tokoh dan wartawan terbaik serta bhakti sosial.

Sejumlah kegiatan lainnya yang juga akan menyertai adalah bhakti sosial berupa donor darah, penanaman pohon penghijauan, santunan kepada anak-anak penghuni panti asuhan, dan santunan kepada para janda wartawan (warakawuri).

Kegiatan lain yang akan turut memeriahkan adalah pertandingan futsal, sepakbola antara kesebelasan PWI Lampung dengan pimpinan daerah dan unsur muspida di Lampung.
(M023/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010