Los Angeles (ANTARA News) - Bos majalah "Playboy" Hugh Hefner menyumbang 900.000 dolar AS untuk membantu penyelamatan papan nama Hollywood yang terkenal, dari gangguan akibat pembangunan di sekitarnya.

Pendiri sekaligus pemilik majalah khusus pria dewasa itu menyumbang pada menit-menit terakhir aksi penggalangan dana, yang ditujukan untuk menghentikan pembangunan lokasi tempat papan nama berdiri.

Papan nama itu dimiliki oleh kota Los Angeles, tetapi lahan tempat papan berdiri dimiliki oleh kelompok penanam modal yang berbasis di Chicago.

"Impian masa kecil saya dan khayalan yang datang dari film, dan gambar yang dibuat di Hollywood memiliki pengaruh besar dalam hidup saya dan Playboy," kata Hefner yang menyebut papan itu menara Eiffel-nya Hollywood, seperti dikutip dari laman bbc.co.uk.

Gubernur California Arnold Schwarzenegger menggambarkan berita terkumpulnya dana sebagai "akhir Hollywood yang kita inginkan."

Total donasi yang terkumpul senilai 12.5 juta dolar AS, menandakan lahan di sekitar papan nama yang teletak di lereng bukit itu akan dilindungi dari para pengembang yang ingin mendirikan perumahan mewah.

Penanam modal berencana menjual tanah itu kepada pengembang, tetapi setuju untuk menjual kepada kelompok konservasi nirlaba Trust for Public Land senilai 12.5 juta dolar bila uang terkumpul.

"Itu adalah simbol dari mimpi-mimpi dan kesempatan," kata Schwarzenegger.

Sumbangan tidak hanya datang dari negara bagian California, tetapi datang dari seluruh 50 negara bagian Amerika Serikat, bahkan dari luar negeri. Kalangan selebritis Hollywood seperti aktor Tom Hanks dan sutradara Steven Spielberg juga turut menyumbang.

Papan nama itu pernah diselubungi spanduk bertuliskan "Save the Peak" untuk mendukung kampanye.

Papan nama itu dibuat tahun 1923 sebagai iklan pengembang perumahan yang bernama Hollywoodland.

Meski papan itu belum pernah mengalami penghancuran, peserta kampanye khawatir pemandangan itu akan dirusak oleh pembangunan bangunan yang menjulang tinggi.(ENY/A024)


Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010