AsiaNet 86797

Guangzhou, China, 22 November 2020 (Antara/Xinhua-AsiaNet)- Pada tanggal 20 November, Understanding China Conference 2020 dibuka di Guangzhou, dengan tema "Huge Shake-up, Big Test, Great Cooperation: China's New Journey toward Modernization and Building a Community with a Shared Future for Mankind". Lebih dari 600 tamu internasional yang terdiri dari politisi, ahli strategi, cendekiawan dan wirausahawan terkenal menghadiri pertemuan ini secara langsung atau online, demikian panitia penyelenggaranya.

"Menghadapi semua jenis tantangan yang kompleks dan berat, kita umat manusia harus, lebih dari sebelumnya, memperkuat kerja sama dalam mengatasi kesulitan dan maju bersama." Pada pertemuan tahun ini, frase seperti "Rencana Lima Tahun ke-14", "paradigma pembangunan baru", dan "sirkulasi ganda internasional dan domestik" paling sering disebutkan dalam sepuluh seminar paralel dan bentuk diskusi lainnya.

Para peserta percaya, fakta bahwa China sedang memulai perjalanan baru menuju negara sosialis modern dengan cara yang menyeluruh tidak hanya mencerminkan upaya yang tak henti-hentinya dan keyakinan teguh dalam modernisasi dan dalam membawa kesejahteraan bagi individu dan kemanusiaan, tetapi juga menunjukkan keteguhan negara tersebut dalam mempromosikan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dan tekadnya yang berbeda untuk memperkuat kerja sama internasional dan terus memperluas keterbukaan.

Pada Konferensi tahun ini, imbauan kerja sama sangat besar. Menurut Ernesto Zedillo, mantan presiden Meksiko dan ketua 21st Century Council, tidak ada pemenang dalam perang dagang, dan ekonomi utama serta negara berkembang yang berpikiran terbuka dapat bergerak bersama ke jalan baru, jalan menuju perdamaian dan kemakmuran dunia yaitu untuk kepentingan semua pihak.

Tujuan kita haruslah mengatasi perbedaan ideologi dan sistem sosial dan membuang sikap paroki menutup pintu bagi orang lain, kata Gordon Brown, mantan perdana menteri Inggris.

Kerja sama internasional yang ditingkatkan tidak diragukan lagi menjadi kekuatan utama untuk pembangunan ekonomi dan kemajuan manusia sejak Perang Dunia Kedua, ujar mantan perdana menteri Belgia Yves Leterme. UE dan China akan memiliki lebih banyak kesamaan untuk membantu mengembalikan pembangunan global ke jalurnya, yang sangat penting untuk kolaborasi internasional dan kerja sama perdagangan lebih lanjut, harapnya.

Saat ini, umat manusia berada dalam periode sejarah khusus karena pandemi global telah mempercepat evolusi perubahan luar biasa dunia yang tak terlihat dalam seabad. Meskipun ada perlawanan terhadap globalisasi ekonomi dan peningkatan risiko atau ketidakpastian dalam ekonomi dunia, perdamaian dan pembangunan masih tetap bertahan dan menghadapi tantangan melalui kerja sama tetap menjadi satu-satunya pilihan rasional bagi komunitas internasional.

Tren umum saat ini adalah menghadapi perubahan besar, menghadapi ujian berat, dan meningkatkan kerja sama. Dalam pandangan Zheng Bijian, ketua China Institute for Innovation and Development Strategy, telah terbukti sejak awal tahun ini bahwa seluruh umat manusia telah menyatakan keinginan yang kuat untuk bekerja sama melawan COVID-19, menghasilkan "sinar cahaya" dalam kegelapan pandemi yang melanda. Seperti yang disarankan oleh Rencana Lima Tahun ke-14, dengan mempertimbangkan semua realita di dalam dan luar negeri, Komite Sentral Partai Komunis China dengan tegas percaya bahwa negara tersebut masih menikmati peluang strategis dalam periode penting ini. Sejak awal dekade ketiga abad ke-21 dan seterusnya, China akan mempertahankan tekad strategisnya dan berkonsentrasi pada pengelolaan urusannya sendiri, merebut peluang dalam krisis dan membuat terobosan di tengah perubahan. Ini tidak hanya akan memfasilitasi perkembangannya sendiri tetapi juga meningkatkan kerjasama global, menciptakan ruang yang lebih luas untuk pembangunan yang lebih besar.

Sumber: Komite Penyelenggara Understanding China Conference 2020 (Guangzhou)

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020