Kota Sorong dapat jadi percontohan kemitraan ekonomi RI-Negara Pasifik

Kota Sorong dapat jadi percontohan kemitraan ekonomi RI-Negara Pasifik

Presiden RI Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) 2020 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat malam.  (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menilai Kota Sorong, Papua Barat, bisa menjadi salah satu percontohan dari kemitraan Indonesia dengan negara-negara kepulauan Pasifik.

"Panja Kawasan Pasifik BKSAP DPR RI mengunjungi Kota Sorong, Papua Barat dalam rangka penjajakan dan mendalami kemungkinan Kota Sorong menjadi salah satu percontohan dari kemitraan Indonesia dengan negara-negara Kepulauan Pasifik," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa.

Putu Supadma Rudana juga telah bertemu dengan Wali Kota Sorong Lambert Jitmau beserta jajaran di Kantor Wali Kota Sorong, Papua Barat, 23 November 2020.

Menurut dia, setelah berdiskusi dan mendengar penjelasan dari Wali Kota Sorong, serta meninjau langsung ke lapangan, maka dirinya meyakini bahwa kota tersebut bisa menjadi contoh kemitraan Indonesia dengan negara-negara Kepulauan Pasifik.

Baca juga: DPR RI sebut Sorong jadi daerah inspirasi negara kawasan Pasifik

Putu menyampaikan, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi keyakinan Panja Kawasan Pasifik untuk menjadikan Kota Sorong sebagai percontohan kemitraan Indonesia dengan negara-negara Kepulauan Pasifik, seperti letak Kota Sorong yang cukup strategis.

Secara aspek geografis, lanjutnya, Sorong terletak pada kawasan persilangan empat penjuru yaitu di utara berhadapan dengan Filipina, di selatan dengan Australia, di barat dengan pulau-pulau Maluku dan di Timur dengan Papua Nugini.

Ia berpendapat bahwa kondisi demikian menjadikan Kota Sorong sebagai pintu gerbang perdagangan domestik untuk wilayah Timur, mengingat Sorong merupakan pelabuhan transit pertama untuk memasuki wilayah lain di Papua.

Baca juga: SKK Migas: RI berhasil survei seismik terpanjang di Asia Pasifik

Selain itu, ujar dia, yang tidak perlu diragukan lagi adalah potensi wisata yang luar biasa dari kota ini.

"Pemandangan alam yang indah serta keanekaragaman hayati serta hewani yang dimiliki oleh kota Sorong jika dikelola dengan optimal namun tetap memperhatikan pemeliharaan lingkungan, dapat menjadikan kota ini sebagai tujuan wisata berkelas internasional yang ada di Indonesia Timur," paparnya.

Disebutkan, sejumlah destinasi wisata di Sorong sudah terkenal hingga mancanegara, antara lain Raja Ampat, Pantai Tanjung Kasuari, Pulau Doom, dan Danau Ayamaru.

Dari sana, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari Sorong akan menjadi daerah transit perdagangan internasional dan tujuan utama wisata taraf internasional untuk wilayah timur Indonesia.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polsek Aimas sediakan  wifi gratis untuk belajar secara daring

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar