Jakarta (ANTARA News) - Komnas HAM akan segera menuntaskan laporan sementara perkembangan kasus kerusuhan di kawasan makam Mbah Priok, Koja, pada 12 Maret silam.

Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim usai diterima Wakil Presiden Boediono di Jakarta, Jumat, mengatakan, pihaknya kini menyusun laporan dari hasil investigasi yang telah dilakukan dengan beberapa pihak.

"Masih dalam proses penulisan. Hasil pemeriksaan semua yang kami panggil sedang dalam proses pengolahan, dan kami harapkan pada tanggal 12 Mei nanti sudah bisa dikeluarkan laporan sementara," ujarnya.

Ifdhal menambahkan, hasil investigasi terkait kasus Koja itu akan dipublikasikan pula kepada publik.

"Komnas HAM juga akan membuat rekomendasi dari hasil investigasi tersebut, yang kemudian disampaikan pada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan beberapa pihak terkait lainnya," ujarnya.

Ifdhal menjelaskan, Tim akan bekerja dalam dua hari ini untuk menyusun laporan data dan fakta yang sudah dikumpulkan.

"Kami juga akan mengkonfirmasi data dengan PMI, karena kami bekerja sama dengan PMI dalam kasus pemantauan ini," tuturnya.

Sementara pihak yang diindikasikan melakukan pelanggaran, Ifdhal belum mengungkapkannya. "Kita tunggu saja hasil pengolahan kami pada 12 Mei nanti. Kita ketemu lagi," ucap Ifdhal.
(R018/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010