Depok (ANTARA News) - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia menggelar Festival Komputer 2010 mulai 8 hingga 9 Mei 2010 di Gedung SMESCO, Gatot Subroto Jakarta.

"Pembukaannya akan dilakukan besok (Sabtu,8/5) pukul 10.00 WIB oleh Direktur Pemberdayaan Telematika-Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Bambang Soeprijanto, MSc bersama Rektor UI Prof Dr der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono di Depok, Jabar, Jumat.

Perhelatan yang bertajuk "Teknologi Informasi Memberdayakan Industri Kreatif, Memajukan Bangsa" merupakan bentuk apresiasi sivitas akademika Fasilkom UI pada pengembangan teknologi informasi dan industri kreatif Indonesia.

Vishnu mengatakan pada hari pertama Bambang Soeprijanto, MSc akan menyampaikan sambutan mengenai "Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pemberdayaan Industri Kreatif".

Selain itu, rangkaian CompFest 2010 akan menghadirkan para pembicara Hanson Hutabarat (ORACLE) dengan topik seminar "Oracle Business Process Management : Developing Application From BusinessProcess", Billy Boen (CEO Jakarta International Management dan Penulis buku "Young On Top" dengan topik seminar "Young Entrepreneur`s Role in Creative Industry".

Selanjutnya Michael James Edward (PR & Technical Manager Digital Alliance) dengan topik seminar "The Newest Graphical Information Technology" dan Wahyu Aditya (Founder KDRI.com dan Hellomotion Academy) dengan topik seminar "Increase Your Creativity With Creative Design".

Pada seminar hari kedua (Minggu, 9 Mei 2010) akan hadir para pembicara yaitu Riki Arief Gunawan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang membahas "HAKI pada Ruang Lingkup Industri Kreatif", James Bernanto (Deputy GM System Development Jatis Mobile) dengan topik "Opportunities and Challenges for Creativity in the Mobile Industry".

Berikutnya Leontinus Alpha Edison (Founder tokopedia.com) yang membawakan topik "Creative Step to Start Your New Online Business" dan Rizky Arbali (Vice President Business Development of EMAX) dengan topik "Be Creative Using Apple".

Vishnu mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan satu atap yang menyatukan berbagai kegiatan mengenai perkembangan komputer dan teknologi informasi (TI), yang kemudian dikemas dalam empat atraksi utama yang edukatif dan informatif yaitu berupa seminar, lomba, pameran, dan hiburan.

"Diharapkan kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat memperoleh informasi terkini mengenai perkembangan komputer dan teknologi informasi (TI) serta menghargai beragam industri kreatif Indonesia, khususnya pada bidang teknologi informasi," katanya.

Ia menjelaskan rangkaian kompetisi yang bersifat edukatif untuk berbagai kalangan akan hadir di acara tersebut yaitu Programming Contest (kompetisi ditujukan untuk peserta SMA se-Indonesia), Video Games, Blog Competition dan Creative Video Contest (kompetisi ditujukan untuk kalangan umum).

Selain itu, pameran komputer dan teknologi informasi turut melengkapi rangkaian acara ini yang terbagi dalam 4 sajian pameran mencakup Edu Fair, Job Fair, Bazaar dan Komunitas. Melalui Job Fair CompFest 2010, pencari kerja akan dipertemukan dengan penyedia lapangan kerja, khususnya di bidang teknologi informasi.

Dalam sajian pameran "Komunitas", CompFest 2010 akan menghadirkan beberapa komunitas online besar yaitu forum Kaskus, User Groups (Microsoft, Mac, Linux), komunitas blogger dan pergerakan berbasis internet (Indonesia unite). Suguhan hiburan akan turut mewarnai acara CompFest 2010, di antaranya penampilan musisi 8-bit yang menyajikan suara unik dari era video games 8-bit, kolaborasi artis musik elektronik, dan berbagai penampilan musik lain.
(F006/N002/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010