Kementerian PUPR perkenalkan SiPetruk kepada bank pelaksana FLPP

Kementerian PUPR perkenalkan SiPetruk kepada bank pelaksana FLPP

Logo Kementerian PUPR. ANTARA/www.perumahan.pu.go.id.

SiPetruk merupakan aplikasi berbasis Android yang dapat diunduh pada platform Google Playstore
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) memperkenalkan aplikasi terbaru yakni Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) kepada Bank Pelaksana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"SiPetruk merupakan aplikasi berbasis Android yang dapat diunduh pada platform Google Playstore," ujar Direktur Operasi PPDPP, Martanto Boedi Joewono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurut Martanto, aplikasi ini terintegrasi singel ID dengan Aplikasi SIKI (Sistem Infromasi Kontruksi Indonesia) Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) sehingga user dan password untuk login ke aplikasi Sipetruk sama dengan login ke Aplikasi SIKI.

Secara teknis, aplikasi ini akan dilaksanakan oleh Manajemen Konstruksi (MK) yang telah terdaftar di LPJK dengan konsep kemitraan. MK akan mengunjungi lokasi perumahan sesuai notifikasi pengajuan pemantauan dari para pengembang perumahan yang telah terdaftar pada aplikasi SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang).

MK kemudian akan memantau konstruksi dan mengisi data sesuai dengan menu yang disediakan oleh SiPetruk yang telah menggunakan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegency (AI). Apabila seluruh proses isian yang dipersyaratkan oleh SiPetruk telah terpenuhi dan sesuai, maka unit rumah tersebut siap menjadi objek agunan KPR.

Martanto juga memastikan dalam pengambilan data di lapangan dapat dilakukan tanpa jaringan internet.

“Jangkauan koneksi internet tidak menjadi masalah di lapangan, karena MK foto yang direkam di lokasi dapat diunggah ketika telah memperoleh sinyal,” katanya.

Meskipun aplikasi ini cenderung dimanfaatkan bagi para pengembang perumahan, namun bank pelaksana juga dapat menerima manfaat dari aplikasi SiPetruk, yaitu dengan memperoleh kemudahan dokumen kelayakan karena telah diintegrasikan dengan sistem di bank pelaksana, karena akan diintegrasikan dengan sistem host to host di bank pelaksana.

Baca juga: PUPR katakan SiPetruk akan awasi kualitas hunian
Baca juga: Pastikan kelaikan rumah subsidi, PUPR persiapkan aplikasi SiPetruk

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden ingatkan Kementerian PUPR kerja cepat agar ekonomi pulih

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar