Sydney (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, yang mengundurkan kunjungan ke Australia akan dijadwalkan kembali pada 18 Juni, demikian dilaporkan Sabtu seperti dikutip AFP.

Rencananya Obama akan menyampaikan pidato di depan parlemen Australia menjelang berakhir-pekan dengan keluarga di Sydney.

Gedung Putih belum mengumumkan kunjungan itu, yang ditunda pada Maret karena Obama menghadapi masalah reformasi jaminan kesehatan, namun surat kabar Fairfax mengatakan, persiapan kini sedang dilakukan untuk menjadwalkan kembali kunjungan tersebut.

Obama, yang menyebut dirinya sebagai presiden cinta perdamaian pertama Amerika, akan berpidato di depan para anggota dewan perwakilan rakyat di Canberra pada 18 Juni, sebelum menghabiskan libur akhir pekannya di Sydney bersama dengan kelurga, kata laporan tersebut, mengutip sumber-sumber pemerintah.

Kunjungan itu, yang mestinya akan diikuti dengan perundingan-perundingan di Indonesia, diperkirakan akan banyak kesamaan dengan yang dijadwalkan pada Maret, menurut laporan-laporan itu.

Dalam kunjungan ini, isterinya Michele dan putrinya Malia dan Sasha diperkirakan akan ikut menyertainya.(H-AK/A023)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010