Studi baru yang menelaah cara kita memanusiakan emosi mempengaruhi perilaku membeli kita 

Hong Kong--(Antara/Business Wire)- Setiap kali kita merasa sedih, banyak dari kita ingin menikmati sedikit terapi dengan berbelanja. Dengan perjalanan tahun ini, tidak mengherankan jika melihat beberapa pengeluaran impulsif saat belanja pada musim liburan seperti Black Friday dan Cyber Monday semakin dekat - senang rasanya memanjakan diri sendiri.

Meskipun mudah untuk memahami bagaimana perasaan sedih dapat menginspirasi kita untuk membuka dompet, sebuah studi baru yang ditulis bersama oleh Dr. Rocky Chen dari Hong Kong Baptist University School of Business menunjukkan bahwa cara kita memproses emosi seperti kesedihan - khususnya tindakan memikirkannya seperti seseorang (antropomorfisasi), sama seperti Disney dengan jelas mempersonifikasikan tokoh Joy, Sadness, Anger, Fear dan Disgust dalam film blockbuster Inside Out - mempengaruhi kita sebagai konsumen.

Gagasan antropomorfisasi emosi sesuai dengan cara pemasar menarik kita dengan produk dan layanan yang semakin manusiawi. Dengan corak suara dan citra mereka, merek terus dipasarkan dengan mempertimbangkan emosi dan kepribadian. Pemasar ingin mengungkapkan saat yang terbaik untuk menjual kepada kita - apakah saat kita bahagia, sedih atau di antaranya?

Berikut adalah cara pemikiran antropomorfik memiliki konsekuensi hilir pada cara kita mengonsumsi:

• Ketika Anda mengantisipasi kesedihan, Anda mengalaminya tidak terlalu intens - Memikirkan kesedihan sebagai pribadi membantu Anda merasa lebih terlepas darinya - ini dapat membuat antropomorfisasi sebagai strategi yang dapat dijalankan untuk mengurangi kesedihan.
• Mengurangi intensitas kesedihan secara antropomorfis sebelum berbelanja dapat membantu Anda meningkatkan pengendalian diri - Memproses kesedihan secara antropomorfis sebelum berbelanja berarti Anda memiliki kesempatan lebih baik untuk memilih pembelian yang lebih praktis daripada sesuatu yang berlebihan. Anda mungkin mendapati diri Anda berkata, "Lupakan cheesecakenya, saya akan makan salad" karena studi ini menunjukkan bahwa mereka yang berpikir antropomorfis tentang perasaan buruk mereka lebih cenderung memilih makanan yang lebih sehat daripada makanan yang lebih memanjakan.
• Pemikiran antropomorfik tidak hanya berdampak pada kesedihan, tetapi juga dapat mencairkan kebahagiaan - Kita juga bisa merasa lebih terlepas dari kebahagiaan ketika perasaan itu terantropomorfisasi sebagai karakter independen. Konsumen mungkin ingin mempertimbangkan kebahagiaan antropomorfisasi jika mereka cenderung terhanyut dalam sekejap. Kebahagiaan juga bisa membanjiri dan mengarah pada keputusan yang terburu-buru, jadi beberapa orang mungkin ingin mengambil langkah mundur dan menenangkan diri. Pemasar juga dapat mempertimbangkan bagaimana emosi yang terkait dengan produk dan perjalanan pelanggan mereka dapat terantropomorfisasi.

Saat Anda melihat-lihat penawaran menarik yang pasti akan muncul pada musim belanja liburan ini, pertimbangkan keadaan emosional Anda secara antropomorfis sebelum Anda mengklik "Pesan Sekarang" dan keluar. Melakukan hal itu dapat membantu Anda menjadi pembeli yang lebih berhati-hati dengan membeli apa yang benar-benar Anda butuhkan dalam jangka panjang, bukan sesuatu yang Anda rasa menarik untuk sementara pada saat-saat sulit.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20201119005581/en/

Kontak
Untuk informasi lebih lanjut:
Eva Sham

Sumber: Hong Kong Baptist University School of Business

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020