Timika (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan 29 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat dan DPD Provinsi Papua mendukung tiga kandidat ketum Partai Demokrat.

Tiga kandidat tersebut (Andi Mallarangeng, Marzuki Ali dan Anas Urbaningrum) merupakan kader terbaik untuk dipilih menjadi ketua umum partai tersebut dalam kongres yang digelar di Bandung mulai Jumat, kata Enembe di Timika, Jumat.

Ia mengatakan, dari 29 DPC ditambah DPD Partai Demkrat Provinsi Papua yang punya hak suara dalam pemilihan ketua umum nanti, masing-masing daerah bebas menentukan pilihan politiknya.

"Ada DPC yang cenderung mendukung Anas, ada juga yang mendukung Andi, tapi ada juga yang mendukung Marzuki," jelas Enembe yang juga menjabat Bupati Puncak Jaya itu.

Menurut Enembe, jika tidak ada intervensi dari DPP maka semua DPC di Papua bebas menentukan sikap politiknya masing-masing.

"Kita akan lihat apakah ada intervensi dari DPP atau Dewan Pembina, jika tidak ada maka kita akan tentukan pilihan kita masing-masing," jelasnya.

Kontingen Partai Demokrat Provinsi Papua sebagian besar sudah berada di Jakarta dan Bandung. Papua dengan 29 DPC ditambah DPD merupakan kontingen terbesar ke tiga setelah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Kegiatan Kongres Partai Demokrat rencananya akan dibuka pada Jumat malam oleh Ketua Dewan Pembina, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga menjabat Presiden RI.

Ada tiga kandidat yang bersaing memperebutkan kursi ketua umum periode 2010-2015 yaitu Andi Mallarangeng yang kini menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga, Anas Urbaningrum yang menjabat Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI dan Marzuki Ali yang kini menjabat Ketua DPR RI.
(E015/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010