Oslo (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri jamuan santap malam atas undangan Perdana Menteri Norwegia, Jens Stoltenberg, di Restoran Lysebu, Oslo, Rabu malam (Kamis dinihari WIB).

Dalam jamuan makan malam sekitar pukul 20.00 waktu setempat itu, Presiden Yudhoyono didampingi oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

PM Stoltenberg menyambut Presiden Yudhoyono di halaman restoran yang terletak tidak jauh dari Holmenkollen Park Hotel Rica, tempat Presiden menginap selama melakukan kunjungan kerja di Norwegia.

Selain Presiden Yudhoyono, hadir juga dalam jamuan santap malam itu Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris Raya.

Presiden Yudhoyono duduk satu meja bersama PM Stoltenberg dan Pangeran Charles, tepatnya presiden duduk diapit kedua tokoh itu. Ketiga tokoh tampak bercakap-cakap sepanjang acara karena jamuan tersebut diselenggarakan dalam suasana yang santai.

Sesekali Presiden Yudhoyono bahkan berdiri dari kursinya untuk menerima sapaan sejumlah tamu undangan.

Berbeda dengan sejumlah acara jamuan santap malam yang pernah dihadiri oleh Presiden Yudhoyono, jamuan santap malam di Oslo kali ini dilakukan saat matahari masih bersinar di langit.

Sekalipun sudah saatnya makan malam namun oleh karena Oslo sedang mengalami musim panas maka matahari masih akan tampak menyinari langit Norwegia hingga pukul 22.45 waktu setempat.

Di musim panas yang dimulai sejak bulan Maret, siang lebih panjang di Norwegia. Matahari yang terbit sekitar pukul 03.40 itu baru tergelincir ke peraduan hampir 19 jam kemudian.

Namun sekali pun langit terang hampir tiga perempat hari, suhu udara di Oslo cukup dingin apabila dibandingkan dengan suhu di musim panas di sejumlah negara empat musim yang lain.

Suhu udara di pagi hari bisa masih berkisar 5 derajad celcius.

Presiden melakukan kunjungan kerja ke Oslo untuk menghadiri konferensi perubahan iklim dan kehutanan serta melakukan pertemuan dwipihak dengan PM Stoltenberg.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010