Yogyakarta (ANTARA News) - Tiket kerepa api kelas eksekutif dan bisnis tujuan Jakarta yang berangkat dari Daerah Operasi V Yogyakarta untuk keberangkatan hingga Minggu (30/5) sudah habis terjual.

"Seluruh tiket kelals eksekutif dan bisnis yang kami sediakan saat ini sudah habis hingga untuk keberangkatan Minggu (30/5), termasuk juga untuk tiket dua kereta tambahan Argodwipangga Liburan dan Senja Utama Liburan semuanya sudah habis terjual," kata Humas PT Kerata Api (KA) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta Eko Budiyanto, Jumat.

Menurut dia, Menurut dia, untuk KA kelas ekonomi tiket masih tersedia. Setiap gerbong KA kelas ekonomi memiliki kapasitas 106 tempat duduk, dan masih bisa ditambah penumpang tanpa tempat duduk dengan toleransi 50 persen dari kapasitas setiap gerbong.

"Sedangkan kereta api kelas bisnis setiap gerbong memiliki kapasitas 68 tempat duduk, dan masih bisa ditambah penumpang tanpa tempat duduk dengan toleransi 20 persen," katanya.

Sementara itu, kata dia, untuk KA kelas eksekutif tidak boleh ada penumpang tanpa tempat duduk, namun bagi penumpang yang bersedia duduk di kereta makan, akan dilayani.

Eko mengatakan menjelang libur panjang akhir pekan ini jumlah penumpang kereta api meningkat signifikan, dimana tingkat okupansi penumpang kereta yang datang maupun berangkat lebih dari 100 persen untuk kelas ekonomi dan bisnis.

Pada hari-hari biasa, menurut dia okupansi penumpang hanya 75 persen hingga 80 persen.

"Puncak lonjakan jumlah penumpang akan terjadi pada Minggu (30/5), dengan prediksi peningkatan mencapai 30 persen dibanding hari biasa," katanya.(*)
(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010