Air Sungai Belawan meluap genangi rumah warga di Deli Serdang

Air Sungai Belawan meluap genangi rumah warga di Deli Serdang

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Medan, TNI, Dit Shabara Polda Sumut, BPBD dan instansi terkait lainnya saat mengevakuasi warga korban banjir di Perumahan De Flamboyan, Desa Tanjung Selamat, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu dini hari. ANTARA/HO-Basarnas Medan.

tidak semua warga mau dievakuasi karena ingin menjaga rumah mereka
Medan (ANTARA) - Banjir menggenangi rumah warga di Perumahan De Flamboyan, Desa Tanjung Selamat, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, akibat meluapnya air Sungai Belawan.
 
Humas Kantor SAR Medan Sariman Sitorus, Sabtu, mengatakan meluapnya air Sungai Belawan akibat hujan deras yang melanda wilayah Kota Medan dan Deli Serdang sejak Jumat (25/12) malam hingga Sabtu dini hari.
 
Ia mengatakan ketinggian air meningkat sekitar pukul 02.45 WIB, karena air Sungai Belawan yang berada persis di samping perumahan tersebut, meluap.

Baca juga: SAR Medan evakuasi jasad terapung di Sungai Belawan ke rumah sakit
 
Sekitar pukul 03.00 WIB, ketinggian air mencapai 1,5 meter.
 
Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Medan, TNI, Dit Shabara Polda Sumut, BPBD dan instansi terkait lainnya berhasil mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi dan aman di kantor pengembang Perumahan De Flamboyan.
 
"Namun tidak semua warga mau dievakuasi karena ingin menjaga rumah mereka," katanya.

Baca juga: Tim SAR masih lakukan pencarian korban banjir di Deli Serdang
 
Sebelumnya, banjir merendam ratusan rumah di Perumahan De Flamboyan, Desa Tanjung Selamat, Kabupaten Deli Serdang pada Jumat (4/12) dan mengakibatkan enam orang meninggal dunia.
 
Banjir terjadi disebabkan jebolnya tanggul Sungai Belawan yang tidak mampu menampung debit air sungai sehingga banjir menggenangi rumah warga.

Baca juga: Kementerian PUPR segera rehabilitasi Sungai Belawan di Deli Serdang

Baca juga: Banjir di Deli Serdang-Sumut, tiga orang meninggal dunia
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kontras Sumut gandeng Kantor Berita Antara latih jurnalis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar