Jakarta (ANTARA News) - Merebut satu poin padai laga perdana di kandang Oman, menjadi modal Charis Yulianto dkk untuk menghadapi Australia dalam laga lanjutan grup B Pra Piala Asia 2011 yang akan digelar di Jakarta pada 28 Januari mendatang.

Asisten Manajer Timnas Indonesia, Chandra Solehan, dalam keterangan singkatnya, Selasa dinihari, menyatakan syukur atas penampilan Timnas di bawah pelatih Benny Dollo mampu menahan imbang 0-0 tuan rumah Oman.

"Ya... satu poin cukup untuk bekal Timnas pada pertandingan berikutnya," katanya.

Dikatakannya, penampilan Timnas akan dapat lebih baik lagi.

Timnas sepakbola Indonesia merebut satu poin setelah bermain imbang 0-0 melawan tuan rumah Oman, dalam laga pembuka Grup B Pra Piala Asia 2011 di Stadion Sultan Qaboos, kota Muscat, Oman, Senin malam waktu setempat.

Penampilan terbaik Timnas ini menjadi modal Charis Yulianto menghadapi Australia pada 28 Januari di Jakarta.

Dalam laga perdana ini kesebelasan Indonesia menurunkan Bambang Pamungkas dan Budi Sudarsono, Boaz Sallosa, di lini tengah ada Firman Utina, Ponaryo Astaman dan Hariono, sedang bek dimotori kapten tim Charis Yulianto, Maman Abdurrahman dan Ricardo Salempessy, Isnan Ali, dengan kiper Markus Horison.

Sedang pelatih Claude Le Roy asal Perancis yang membawa negara kawasan Teluk itu merebut juara 2009 itu memasang di lini depan pada Hassan Rabia  Al Housni, Ahmad Hadid, Khalifa Ayil, Fawzi Basheer, Ismail Al Ajmi, Ahmad Mubarak, kapten tim Oman Mohamed  Rabia, Hassan Mudhaffar dan memasang kiper kedua Suleiman Al Mazroui.

Dalam laga ini, sejumlah pemain Indonesia seperti Ricardo Salempessy, Boaz Sallosa, Hariono memulai penampilan mereka di Timnas. Sisanya adalah para pemain yang memperkuat di Tim Merah Putih diajang AFF 2008.

Penampilan ketiga pemain ini memberi warna kepada kekuatan tim. Di babak pertama Indonesia mampu membangun serangan dan menciptakan peluang.

Sementara Oman yang memiliki sejumlah peluang tak mampu menciptakan gol, dengan mulai fokusnya pemain belakang Timnas Indonesia yang dimotori Charis Yulianto hingga babak kedua berakhir imbang tanpa gol itu.

Hanya yang menjadi catatan dengan keluarnya Firman Utina dimenit 65 digantikan Nova Arianto itu Indonesia memang berusaha memperkuat pertahanan dan praktis hanya mengandalkan serangan balik.

Selain Oman, Indonesia yang juga bergabung di Grup B ini menghadapi Australia dan Kuwait. Laga selanjutnya, Indonesia akan menjamu Australia pada 28 Januari di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. (*)

Pewarta:
Copyright © ANTARA 2009