Jakarta (ANTARA) - Menjaga kesehatan ginjal sama pentingnya dengan merawat organ lain di dalam tubuh dan Anda bisa melakukannya melalui sejumlah cara.

Konsultan nefrologi dan dokter transplantasi di pusat Dialisis NephroPlus di Rumah Sakit Jyothi, Odisha, India, Dr. Bishwaranjan Mohanty menyebut ada enam langkah yang bisa Anda terapkan agar kondisi ginjal tetap sehat di tahun 2021.

Pertama, patuhi aturan hidrasi. Minum air sangat penting untuk kesehatan namun asupannya jangan terlalu banyak agar tak menimbulkan masalah, terutama jika Anda mengalami gagal ginjal.

Baca juga: Pernah operasi ginjal, Vidi Aldiano pilih olahraga ringan

Baca juga: Kenali "staghorn stone" yang sering tak bergejala


Jangan terlalu khawatir tentang aturan asupan delapan gelas air sehari dan fokuslah pada minum yang cukup sehingga urin Anda berwarna kuning muda atau tidak berwarna.

Kedua, makan makanan sehat. Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit ginjal, jadi pilihlah makanan sehat, rendah natrium, rendah kolesterol yang membantu mengontrol kondisi ini dan juga baik untuk ginjal Anda.

Ketiga, jagalah kebugaran. Rutinitas olahraga yang teratur akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, mencegah diabetes dan penyakit jantung serta mengontrol tekanan darah dan kolesterol.

Ginjal Anda akan berterima kasih atas setiap tetes keringat, dan begitu juga dengan seluruh tubuh Anda.

Keempat, jadilah filter untuk ginjal Anda. Ginjal bertanggung jawab untuk menghilangkan zat berbahaya dari darah, termasuk asap dan alkohol, jadi beri mereka istirahat dan kurangi hal-hal buruk.

Ginjal juga menyaring obat, jadi jangan pernah minum obat lebih dari yang diresepkan dan hindari obat yang tidak Anda butuhkan.

Kelima, pertimbangkan profil ginjal Anda. Beberapa orang lebih rentan terhadap penyakit ginjal, dan mereka perlu lebih rajin melakukan perawatan.

Keenam, jadwalkan pemeriksaan ginjal. Penyakit ginjal dikenal sebagai 'silent killer' karena pasien dapat kehilangan 90 persen fungsi ginjal sebelum gejala muncul, demikian seperti dikutip dari Indian Express.

Baca juga: Tips menjaga kesehatan ginjal

Baca juga: Amankah transplantasi ginjal di tengah pandemi COVID-19?

Baca juga: Menjawab mitos seputar transplantasi ginjal

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021