Gaya hidup higienis bisa dimulai dari toilet rumah

Gaya hidup higienis bisa dimulai dari toilet rumah

Kamar mandi bersih (pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Masyarakat dianjurkan menerapkan pola hidup higienis demi menjaga kesehatan diri, sekaligus mencegah penularan virus COVID-19 yang hingga kini kasusnya masih meningkat.

Mengacu laman Worldometers total kasus virus corona di seluruh dunia pada Selasa (19/01) telah mencapai 96.006.646, dengan 2.049.253 orang meninggal dunia dan 68.627.840 orang dinyatakan pulih.

Untuk itu, rumah menjadi titik awal untuk menerapkan gaya hidup higienis yang bisa dimulai untuk diri sendiri dan keluarga, misalnya rutin membersihkan alat sanitary kamar mandi, sebab perangkat di area toilet kerap digunakan bersama-sama sehingga berpotensi menyebarkan virus maupun bakteri.
 
- (HO)


Baca juga: Padu budaya Indonesia-Jepang, kantor TOTO raih penghargaan arsitektur

Hanafi Atmadireja selaku Presiden Direktur PT Surya Toto Indonesia (Toto) sebagai penyedia peralatan sanitary di Indonesia mengatakan, cara mengurangi risiko penyebaran COVID-19 sebaiknya dimulai dengan rutin membersihkan peralatan toilet, atau menggantinya dengan perangkat tanpa sentuh (touchless flush).

"Peralatan sanitary merupakan faktor penting yang memastikan kebersihan dan kesehatan, khususnya saat ini di mana mencuci tangan adalah instrumen penting 3M sebagai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan WHO demi mencegah penularan corona," kata Hanafi dalam siaran pers, Selasa.

Tidak hanya di rumah, kini gaya hidup baru yang lebih higienis juga terlihat di fasilitas umum, misalnya transportasi umum, mall, kantor hingga gedung pemerintah yang mengadopsi teknologi sanitasi nirsentuh pada toilet dan pintu serta kamera pengawas yang dilengkapi pemindai suhu tubuh.
Produk Toto (pixabay)


Saat ini masyarakat juga tak sulit menemukan ragam produk sanitary yang menunjang gaya hidup higienis dengan harga terjangkau di marketplace.

"Toto sebagai perusahaan asal Jepang yang berdiri di Indonesia sejak tahun 1977 dan bergerak di bidang sanitary ware, fitting, peralatan sistem dapur, serta produk-produk furnitur dari kayu lainnya, menyediakan produk bagi semua segmen, mulai segmen bawah hingga atas, untuk produk toilet, mulai dari kloset jongkok hingga kloset yang berteknologi terdepan di dunia," kata dia.

Perusahaan sanitary ware itu memiliki dua pabrik di Tangerang dan satu pabrik di Surabaya. Mereka telah mengekspor produk buatan Indonesia ke lebih dari 30 negara, di antaranya Jepang, Amerika, China, Australia, Hongkong, Singapura, Saudia Arabia, Qatar, UAE, Kuwait, serta negara lainnya.

Baca juga: Cara cuci tangan yang baik menurut standar internasional

Baca juga: Lima hal agar tak kena COVID-19

Baca juga: Cegah hepatitis A lewat perilaku hidup bersih hingga vaksinasi

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kunjungi Nining, Bupati Irna janjikan bantuan rumah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar