Terdampak banjir, PLN pulihkan 339 gardu distribusi di Halmahera Utara

Terdampak banjir, PLN pulihkan 339 gardu distribusi di Halmahera Utara

PT PLN berhasil memulihkan kembali sistem kelistrikan pada beberapa wilayah di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), yang terdampak banjir, dengan pembenahan 339 gardu distribusi yang terdampak banjir. ANTARA/Abdul Fatah.

sekitar pukul 16.34 Wita kemarin, kita berhasil memulihkan 100 persen sistem kelistrikan di tiga kecamatan
Ternate (ANTARA) - PT PLN berhasil memulihkan kembali sistem kelistrikan pada beberapa wilayah di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara yang terdampak banjir dengan memperbaiki 339 gardu distribusi.

"Dari 339 gardu di Kecamatan Galela Barat, Kecamatan Galela Utara dan Kecamatan Loloda Utara Kabupaten Halmahera Utara berhasil dipulihkan atas kerja keras seluruh personel PLN, dan sekitar pukul 16.34 Wita kemarin, kita berhasil memulihkan 100 persen sistem kelistrikan di tiga kecamatan," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW M2U), Romantika Dwi Juni Putra di Ternate, Rabu.

Ia menjelaskan sebelumnya terdapat 339 gardu yang terdampak banjir. Dengan kerja keras dari 30 personel PLN di lapangan, kini sebanyak 44.889 pelanggan telah menikmati listrik Kembali.

Hingga saat ini, pihaknya masih terus memantau kondisi di tiga kecamatan tersebut guna mengantisipasi kemungkinan naiknya debit air.

"Kami juga terus mengamati bahwa air tidak lagi merendam ke rumah masyarakat yang berpotensi membahayakan. Oleh karena itu, kami meminta warga tetap waspada dan memastikan instalasi di rumah maupun peralatan elektronik betul-betul kering dan bersih sebelum digunakan," ujarnya.

PT PLN juga telah berhasil memasok aliran listrik ke beberapa di wilayah Kabupaten Tobelo yang sebelumnya secara terpaksa dipadamkan akibat dampak banjir yang melanda di beberapa titik lokasi. Saat ini 92 persen gardu distribusi Kota Tobelo dan sekitarnya telah kembali beroperasi.

Pemulihan aliran listrik ini secara bertahap dilakukan dan memastikan bahwa kondisi aset jaringan distribusi seperti gardu distribusi, Jaringan Tegangan Menengah (JTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) yang terendam banjir, aman.

Baca juga: Mensos cek kondisi korban banjir di Halmahera Utara
Baca juga: BPBD: 2.863 orang Halmahera Utara mengungsi karena banjir
Baca juga: Diterjang banjir, PLN pulihkan sistem kelistrikan di Halmahera Utara

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PLN perbanyak SPKLU, bagi penggunaan kendaraan listrik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar